Walikota Batu Tancapkan Pohon Setinggi 9 Meter

  • Whatsapp
Dewanti Rumpoko menanam pohon setinggi sembilan meter secara simbolis dengan dibantu alat ekskavator. (istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – KOTA BATU – Walikota Batu, Dewanti Rumpoko memimpin Upacara Peringatan HUT ke 75 Pemprov Jatim dan HUT ke 19 Kota Batu di Balaikota Among Tani Kota Batu (Sabtu, 17/10). Prosesi upacara digelar secara sederhana sebagai prosedur protokol kesehatan, dengan hanya dihadiri beberapa tamu undangan.

Usai memimpin jalannya upacara, Dewanti Rumpoko melanjutkan kegiatannya dengan menanam pohon secara simbolis di Jalan Sudirman, Pesanggrahan, Kota Batu. Penanaman pohon berjuluk ‘Satu Nama Satu Pohon’ ini merupakan rangkaian acara HUT ke 19 Kota Batu.

Baca Juga

Dewanti menanam pohon setinggi sembilan meter dengan dibantu alat ekskavator. ‘Satu Nama Satu Pohon’ ini tersebar di 19 titik Kota Batu dengan melibatkan seluruh OPD serta elemen masyarakat lainnya.

“Kota Batu banyak memiliki sumber mata air dan hulunya Sungai Brantas. Seluruh masyarakat punya tanggung jawab moral untuk melestarikan alam dan gerakan konservasi air dengan menanam pohon,” ujar Dewanti.

Walikota Batu Dewanti Rumpoko meninjau pelaksanaan program Satu Nama Satu Pohon. (istimewa)

Sehingga, lanjut Dewanti, sumber mata air tak berkurang debitnya, apalagi sampai mengering. Maka perlu gerakan kolektiv menanam banyak pohon di beberapa lokasi di Kota Batu. Termasuk di kawasan protokol untuk menghijaukan kawasan perkotaan.

BACA JUGA: Pemkot Batu Canangkan Satu Nama Satu Pohon

“Seluruh masyarakat secara sadar ikut berpartisipasi dalam kegiatan Satu Nama Satu Pohon. Mulai dari anak, muda-mudi hingga orang tua,” ungkap dia.

Kurang lebih ada 15 ribu bibit pohon yang disediakan. Dan penghijauan ini akan terus dilakukan berkelanjutan hingga akhir tahun dan merata di seluruh sudut Kota Batu.

Ia kembali mengulang harapannya seperti tahun-tahun sebelumnya. Dewanti berharap pada HUT Kota Batu bisa tumbuh lebih baik. Sehingga meningkatkan kesejahteraan dan merata dirasakan masyarakat.

Untuk itu perlu sinergi bersama agar program-program yang bersentuhan langsung dengan kesejahteraan masyarakat bisa terwujud. Terlebih situasi Kota Batu mampu melesat karena situasinya yang kondusif dan masyarakat telah bersinergi dengan Pemkot Batu.

“Mari kita sama – sama lebih menggiatkan ini agar pembangunan bisa berjalan dengan lancar dan masyarakatnya akan lebih sejahtera,” seru Dewanti.

Makna yang Baik

Walikota Malang, Sutiaji turut hadir acara ini. Bagi Sutiaji angka 19 menginterpretasikan makna yang baik.

“Dirgahayu Kota Batu yang ke 19. 1 dan 9 kalau dijumlah 10. Mudah-mudahan memberi keberkahan untuk Kota Batu yang memiliki tiga kecamatan. Batu sukses, Malang Raya dan Indonesia sukses,” ujar dia.

BACA JUGA: Satu Nama Satu Pohon, Gerakan Kolektif Menghijaukan Kawasan Kota Batu

Dalam peringatan HUT ke 19 Kota Batu, Dewanti juga memberikan sejumlah penghargaaan kepada tokoh-tokoh pendiri Kota Batu yang tergabung dalam Pokja Kota Batu. Selain itu, bantuan diberikan kepada veteran, janda di halaman Balaikota Among Tani.

Berlanjut dengan bakti sosial peemberian santunan kepada kepada yatim piatu. Serta penghargaan kepada manajemen Hotel Mutiara yang secara sukarela hotelnya dijadikan shelter isolasi bagi pasien Covid-19.(wok/adv/lna)

Post Terkait

banner 468x60