Sambang Mbatu, Suguhan Disparta Kota Batu Lepas Kerinduan Pertunjukkan Seni

  • Whatsapp
Penonton tampak antusias menyaksikan seni pertunjukkan bertajuk 'Sambang 'Mbatu' yang digelar Dinas Pariwisata di Sendra Tari Arjuna Wiwaha Kelurahan Sisir (Sabtu, 3/4).
Penonton tampak antusias menyaksikan seni pertunjukkan bertajuk 'Sambang 'Mbatu' yang digelar Dinas Pariwisata di Sendra Tari Arjuna Wiwaha Kelurahan Sisir (Sabtu, 3/4).
banner 468x60

NUSADAILY.COM-KOTA BATU- Dinas Pariwisata Kota Batu bertekad menghidupkan infrastruktur kesenian Sendra Tari Arjuna Wiwaha di Kelurahan Sisir, Kota Batu. Beragam kesenian tradisi pertunjukkan dikemas dalam event bertema ‘Sambang Mbatu‘ yang digelar dengan menerapkan protokol kesehatan (Sabtu, 3/4).

Beragam kesenian yang ditampilkan meliputi bantengan, jaran kepang, sanduk, dan lainnya. Dua kesenian bantengan dan jaran kepang ditetapkan Kemendikbud sebagai warisan budaya tak benda (WBTB).

Baca Juga

Kursi tribun dipenuhi penonton yang hadir tak hanya dari Kota Batu. Ini menandakan kerinduan masyarakat akan seni pertunjukkan yang sempat terhenti karena pandemi Covid-19. Terlebih seni pertunjukkan menjadi bagian entitas yang menggerakkan ekosistem sektor pariwisata Kota Batu.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As  Siddiq mengatakan, pertunjukkan merupakan medium aktualisasi dan eksistensi bagi pelaku seni. Sehingga dengan kembali digulirkannya seni pertunjukkan diharapkam mampu mendorong perekonomian dari sektor pariwisata.

“Pentas seni mewujudkan eksistensi jati diri seni budaya agar tetap lestari hingga generasi mendatang. Seni budaya juga sebagai daya tarik wisata,” kata dia dilansir Nusadaily.com.

Arief mengatakan, Kota Batu sedari awal telah menyiapkan skema pelaksanaan wisata aman dan sehat saat masa pandemi. Agar perekonomian kembali normal sediakala. Serta pertunjukkan yang didambakan pelaku seni bisa kembali digelar. Karena sebuah pentas merupakan ruh bagi pelaku seni pertunjukkan.

“Terutama kepada pelaku seni agar bisa melaksanakan aktivitasnya kembali,” ujar dia.

Disparta juga menggandeng agen-agen travel wisata di Kota Batu untuk memeriahkan event Sambang Mbatu. Penyedia jasa layanan ini diajak berkolaborasi dengan mengantarkan tamu-tamunya untuk menyaksikan pagelaran tersebut.

“Klien mereka sedang berekreasi ke sejumlah destinasi di Kota Batu. Rombongan wisatawan ini ada  dari Lamongan, Surabaya, Solo. Kami mengundang mereka menyaksikan pertunjukkan ini,” ujar dia. (wok/adv/wan)