RSUD Ngudi Waluyo Wlingi Bagikan Tips Cuci Masker yang Baik dan Benar

  • Whatsapp
Tips mencuci masker yang baik dan benar dari RSUD Ngudi Waluyo Wlingi. (istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BLITAR – Di tengah pandemi Covid-19, pemakaian masker menjadi hal yang wajib bagi seluruh masyarakat. Di awal mewabahnya corona, masker sempat menjadi masalah tersendiri bagi masyarakat. Selain harganya yang melambung cukup mahal, ketersediaannya juga terbatas.

Seiring berjalannya waktu, pemerintah menyatakan bahwa masker kain bisa dipakai oleh masyarakat. Tentunya hal ini menjadi kabar gembira. Pasalnya masker kain dapat dengan mudah dibuat sendiri, bahkan bisa dipakai ulang setelah dicuci.

Baca Juga

Meski demikian, alangkah baiknya pencucian masker kain dilakukan dengan tepat. Untuk itu, RSUD Ngudi Waluyo Wlingi Kabupaten Blitar turut membagikan tips cara mencuci masker kain dengan baik dan benar.

Dikonfirmasi terkait hal itu, kepada Nusadaily.com, Direktur RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, dr Endah Woro Utami mengatakan, ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mencuci masker kain dengan baik dan benar. Diantaranya, menyiapkan air, jika mungkin air panas dengan suhu 60 – 65 derajat celsius. Kemudian menambahkan deterjan dan merendamnya beberapa saat.

“Nah, baru setelah itu kucak masker hingga kotoran luruh. Selanjutnya bilas diair mengalir sampai busanya hilang, keringkan dibawah sinar matahari atau menggunakan pengering panas, dan terakhir setrika dengan suhu panas agar bakteri dan kuman mati,” jelasnya, Kamis 9 Juli 2020.

dr Endah Woro menambahkan, masker menjadi syarat mutlak yang harus dipakai masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Sebab, dengan menggunakan masker tidak hanya melindungi diri sendiri, melainkan juga orang-orang yang berada di sekitar.

“Saat ini, selain memakai masker, masyarakat juga harus tetap menjaga jarak, serta memakai kacamata, sepatu, dan jaket saat bepergian. Jangan lupa selalu membawa hand sanitizer dan tisu basah,” imbuhnya.(tan/adv)

Post Terkait

banner 468x60