Romo Benny Minta Elit Politik Hentikan Polemik Intern dan Fokus Hadapi Pandemi

  • Whatsapp
Staf Khusus ketua Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo meminta para elit politik menghentikan polemik dan fokus untuk menghadapi pandemi.

Dikatakannya, energi bangsa ini harus di fokuskan pada penyelesaian problem mengatasi Covid-19 dan dampaknya bagi pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga

“Elit politik dapat mengedepankan nilai-nilai luhur bangsa yaitu musyawarah dan mufakat,” Ucap Romo Benny, 03 Februari 2021.

Menurutnya Persoalan dalam partai politik hendaknya diselesaikan dengan cara musyawarah mufakat.

BACA JUGA: BPIP: Stop Isu SARA di Medsos, Saatnya Jadi Bangsa yang Produktif dan Inovatif

“Bangsa ini membutuhkan kebersamaan dan persatuan anak bangsa untuk mengatasi masalah Covid-19 dan dampaknya dalam ekonomi dan kehidupan masyarakat dan ruang publik harus diisi dengan hal positif, Agar bangsa ini keluar dari problem global akibat Covid-19 yang menimbulkan krisis ekonomi global,” terang Romo Benny.

Pendiri Setara Institute ini juga menambahkan, pentingnya ruang publik di Banjiri dengan semangat kebersamaan dan keluar dari lingkaran keperdulian mementingkan cara berpikir sempit untuk kepentingan ego pribadi dan seharusnya ruang publik mengutamakan keadaban politik.

“Politik beradaban tundukan pada norma kemanusiaan kan keadilan. Kedepan ruang publik mengarus utamakan keadaban politik yang mengaktualisasikan nilai , Ketuhanan , kemanusiaan , persatuan , kerakyatan , keadilan dalam keutamaan politik,” urainya.

BACA JUGA: Romo Benny: Taat Prokes Solusi Darurat Lahan Pemakaman COVID-19

Dirinya melanjutkan bahwa hal itu sesuai yang ditegaskan oleh Habermas. Ruang publik memiliki peran yang cukup berarti dalam proses berdemokrasi.

Ruang publik merupakan ruang demokratis atau wahana diskursus masyarakat. Warga negara dapat menyatakan opini kepentingan dan kebutuhan mereka secara diskrusif.

“Penting ruang publik di hiasi dengan ide-ide untuk mewujudkan cita pendiri bangsa yakni politik kesejahteraan menjadi habitus partai politik,” pungkas Romo Benny. (sir)