Sabtu, Januari 22, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaBerita KhususResmikan 7 IPAL Komunal, Wali Kota Mojokerto Berharap Masyarakat Lebih Jaga Kebersihan...

Resmikan 7 IPAL Komunal, Wali Kota Mojokerto Berharap Masyarakat Lebih Jaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan

NUSADAILY.COM – MOJOKERTO – Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari hari ini meresmikan 7 Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal Kolektif. Yang tersebar pada lima Kelurahan di Kota Mojokerto. Senin (20/12/2021).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Peresmian ini dipusatkan di Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Anggrek Lingkungan Ngagglik Gotong Royong, RW 05, Kelurahan/Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto.

Baca Juga: KLHK Resmikan IPAL Komunal Domestik di Batu, Jawa Timur

7 IPAL Komunal Kolektif tersebut, diantaranya KSM BC 2 Bersatu Kelurahan Pulorejo, KSM Prajurit Maju Kelurahan Prajurit Kulon, KSM Anugerah Kelurahan Gununggedangan, KSM Banjar Asri Kelurahan Blooto, KSM Cinde Laras Kelurahan Prajurit Kulon, KSM Sehat Makmur Kelurahan Kranggan, serta KSM Anggrek Kelurahan Kranggan.

Dalam kesempatan ini, Ning Ita sapaan akrab Wali Kota menjelaskan bahwa, setiap tahun pembangunan IPAL Komunal, Septic Komunal dan Jamban sehat di Kota Mojokerto dilaksanakan dengan sasaran lingkungan yang berbeda-beda.

Baca Juga: Ditengarai Cemari Kali Kebo, Agro Kusuma Wisata Tepis Jika Saluran IPAL Bocor

Program ini merupakan bagian upaya Kota Mojokerto agar terbebas dari buang air besar sembarangan (ODF).

“Alhamdulillah melalui pembangunan Sanitasi Berbasis Masyarakat yaitu IPAL Komunal, Septic Komunal dan Jamban sehat, Kota Mojokerto tahun lalu sudah mendapat predikat ODF dan STBM dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi,” ujarnya.

Baca Juga: IPAL Komunal, Kelola Limbah Domestik untuk Tingkatkan Indeks Kualitas Air

Hal ini mengartikan bahwa sanitasi di Kota Mojokerto sudah dalam kategori baik. Lebih lanjut Ning Ita berharap, melalui pembangunan ini masyarakat tidak lagi buang air besar di sungai.

Selain pembangunan IPAL Komunal, Septic Komunal dan Jamban sehat. Pemkot Mojokerto juga telah menyediakan beberapa Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas), yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Baca Juga: 2020 Targetkan ODF, Ning Ita Resmikan IPAL Komunal dan Program Perpipaan Sanitasi

“Kedepan selain dengan tersedianya IPAL ini, kami berharap masyarakat juga bersama-sama memiliki semangat untuk mengelola kebersihan dan kesehatan lingkungan,” imbuhnya.

Hadir dalam peresmian tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PUPR PRKP) Kota Mojokerto Mashudi. Serta seluruh Camat dan lurah se Kota Mojokerto. (din/ark)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily