Punya Potensi Luar Biasa, Dusun Brau Kota Batu Jadi Wisata Edukasi

  • Whatsapp
Brau
Walikota Batu, Dewanti Rumpoko memotong tumpeng menandai peresmian Wisata Edukasi Susu Sapi Perah Dusun Brau Gunungsari Bumiaji Kota Batu
banner 468x60

NUSADAILY.COM -KOTA BATU– Perahan susu sapi menjadi sebuah ikon wisata yang dimiliki Dusun Brau. Dusun di Desa Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu itu kini menjadi Desa Wisata.

Mayoritas, masyarakat di Dusun Brau memiliki mata pencaharian sebagai peternak sapi perah. Populasi sapi yang diternak warga, jumlahnya lebih banyak dibandingkan jumlah penduduknya.

Baca Juga

Anak-anak diajak minum susu dalam launching Wisata Edukasi Sapi Perah Dusun Brau

Dinas Pariwisata Kota Batu memoles potensi yang ada di Dusun Brau sebagai ikon destinasi wisata baru di Kota Batu. Hal itu diafirmasi dengan diluncurkannya Wisata Edukasi Sapi Perah Brau pada Jum’at pagi (23/10).

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq mengaku, jika dusun ini berada di wilayah terpencil. Meski begitu, panorama alam yang disuguhkan begitu memukau.

Topografinya yang berupa perbukitan, menawarkan keindahan alam yang menyatu dengan udara segar. Sehingga tempat ini memiliki nilai akseptabel untuk dihadirkan bagi wisatawan.

“Letaknya juga berdekatan dengan sejumlah objek wisata seperti Goa Pandawa, Paralayang, Taman Langit, Goa Pinus, Kampung Papua,” ungkap Arief dilansir Nusadaily.com.

Kultur kekerabatan masih terasa kental, hal ini terlihat dari semangat gotong royong yang masih dijunjung oleh masyarakat Dusun Brau. Konsensus sosial semacam ini menjadi modal penting untuk menjadikan Dusun Brau sebagi ikon wisata baru di Kota Batu.

Arief mengatakan, Dinas Pariwisata akan memberikan pendampingan, untuk mengemas destinasi wisata ini lebih menarik. Agar menjadi destinasi wisata favorit di Kota Batu.

Pendampingan yang diberikan meliputi peningkatan sumber daya manusia, pengembanga daya tarik wisata dan budaya, serta promosi di jalur daring ataupun luring. Semuanya itu akan dirangkum dalam satu paket sebagai strategi pengembangan wisata yang mampu menarik animo wisatawan dari luar kota, bahkan mancanegara.

“Ada program berkelanjutan di semester kedua 2020 dan semester pertama 2021. Disiapkan berbagai program mendukung wisata kota Batu ini. Intinya kami serius menjadikan Dusun Brau jadi destinasi hingga luar daerah maupun mancanegara,” papar Arief.

Peluncuran Wisata Edukasi Sapi Perah Dusun Brau, diresmikan secara langsung oleh Walikota Batu Dewanti Rumpoko didampingi Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso. Serta hadir pula Ketua Komisi B DPRD Kota Batu, Hari Danah Wahyono.

Dewanti mengatakan, Dusun Brau yang terletak di wilayah terpencil perlu didukung dengan fasilitas penunjang. Hal ini untuk mengatasi keterbatasan akses dan mempermudah wisatawan menuju ke destinasi wisata baru berbasis pemberdayaan desa.

“Sekalipun berada di wilayah terpencil ada daya tarik wisata yang luar biasa yakni susu sapi perah. Sapi-sapinya sehat dan produksinya melimpah. Prakarsa masyarakat untuk menjadikan desa wisata selaras dengan visi Desa Berdaya, Kota Berjaya,” papar Dewanti. (wok/adv/wan)

Post Terkait

banner 468x60