Selasa, Desember 7, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaBerita KhususPuluhan Pedagang di Pasar Mangaran Ikut Sosialisasi Bahaya Jual Rokok Ilegal

Puluhan Pedagang di Pasar Mangaran Ikut Sosialisasi Bahaya Jual Rokok Ilegal

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – SITUBONDO – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Situbondo bersama Bea Cukai Jember menggelar sosialisasi bahaya menjual rokok ilegal, Senin, 18 Oktober 2021. Kegiatan tersebut diikuti oleh 50 pedagang di Pasar Mangaran. Acara itu berlangsung di Kantor Desa Mangaran.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Salah satu peserta sosialisasi, Erfan (77) mengatakan, dirinya sangat beruntung bisa mengikuti kegiatan tersebut. Sebab, dengan begitu dia bisa mengetahui ciri-ciri rokok ilegal.

“Alhamdulillah saya bisa membedakan mana rokok yang boleh dijual dan mana yang tidak boleh,” ucapnya.

Untuk itu, Erfan mengaku, dirinya tidak pernah dan tidak akan memperjual belikan rokok ilegal kepada masyarakat. “Saya tidak pernah seperti itu (menjual rokok ilegal),” imbuhnya.

BACA JUGA: Berantas Rokok Ilegal, Pemkab Situbondo Gandeng Bea Cukai

Lebih lanjut, Erfan mengungkapkan, dirinya merasa kaget dengan ancaman pidana apabila kedapatan memperjual belikan rokok ilegal.

“Tadi pemateri menyampaikan bahwa ada sanksi pidana. Sesuai dengan pasal 54 undang-undang nomor 39 tahun 2007. Yakni, sanksi pidana minimal satu tahun dan maksimal delapan tahun. Dan denda dua kali sampai dua puluh kali nilai bea cukai,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Disperdagin Situbondo, Edi Wiyono menjelaskan, pemerintah daerah berkomitmen untuk menekan peredaran rokok ilegal di Situbondo.

“Kami ajak pedagang di Pasar Mangaran ini untuk tidak menjual rokok ilegal,” terangnya.

BACA JUGA: Blusukan ke Pasar Tim Bea Cukai Sasar Penjual Rokok Tanpa Pita Cukai

Edi Wiyono optimis pedagang di Pasar Mangaran bisa mengenali ciri-ciri rokok ilegal.

“Kalau pedagang menemukan rokok ilegal segera melapor ke pihak berwajib. Sehingga bisa segera ditindaklanjuti,” tungkasnya

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Disperdagin Edi Wiyono, Penyuluhan Bea dan Cukai Jember, Kejaksaan Agung, Polres Situbondo, Kades Mangaran beserta perangkatnya , dan 50 orang pedagang pasar di wilayah Mangaran. (fat/lna/adv)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Peningkatan aktivitas gunung Semeru ##tiktokberita

♬ suara asli - Nusa Daily