Pemkot Batu Silaturahmi Ramadan di Masjid Sultan Agung, Santuni Yatim Piatu dan Dhuafa

  • Whatsapp
Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso memberikan bantuan secara simbolis kepada penerima santunan asal Kelurahan Songgokerto saat kegiatan Silaturahmi Ramadan yang digelar di Masjid Sultan Agung (Senin, 19/4).
Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso memberikan bantuan secara simbolis kepada penerima santunan asal Kelurahan Songgokerto saat kegiatan Silaturahmi Ramadan yang digelar di Masjid Sultan Agung (Senin, 19/4).
banner 468x60

NUSADAILY.COM-KOTA BATU – Pemkot Batu menggelar silaturahmi Ramadan 1442 H di Masjid Sultan Agung, Kota Batu (Senin, 19/4).

Dalam acara tersebut, hadir Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batu, termasuk Kepala Kantor Kemenag Kota Batu, Nawawi.

Baca Juga

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso menuturkan, agenda Silaturahmi Ramadan merupakan kegiatan tahunan ketika memasuki Ramadan.

Baca Juga: 282 Pegawai Pemkot Batu Dimutasi, Kursi Lima Kepala OPD Kosong

Bagian Kesra menjadi salah satu OPD yang menjadi leading sektor pelaksanaan kegiatan ini.

Dalam kesempatan itu, digelar pula bakti sosial berupa pemberian santunan. Satunan diberikan kepada anak yatim piatu dan lima kaum dhuafa yang berada di wilayah Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu.

Pemberian bantuan diserahkan secara simbolis oleh Punjul kepada lima anak yatim dan lima kaum dhuafa. 

Baca Juga: Gandeng BNN Sejak 2016, Pemkot Batu Berkomitmen Berantas Peredaran Narkoba di Kalangan ASN

Meski nilai bantuannya tak seberapa, Punjul berharap santunan ini bisa meringankan beban anak yatim dan kaum dhuafa.

Menurutnya, ini merupakan momentum baik untuk saling berbagi pada mereka yang membutuhkan. Kegiatan ini juga merupakan silahturahmi antara Pemkot Batu untuk bisa lebih dekat dengan masyarakat.

Baca Juga: Pagu Indikatif Rp 1,1 T, RKPD 2022 Pemkot Batu Tampung 185 Program

“Jadi wujud Pemkot Batu hadir di tengah masyarakat. Yang jelas apa yang diberikan dan diupayakan, merupakan perhatian Pemkot Batu untuk berbagi kepada yatim piatu dan kaum dhuafa,” terangnya kepada Nusadaily.com.

Kabag Kesra Kota Batu, Hendri Suseno menjelaskan, program Silaturahmi Ramadan berbeda dengan kegiatan Safari Ramadan yang digelar pada tahun-tahun terdahulu.

Baca Juga: Legislatif Ingin Pastikan Kesiapan Pemkot Batu dalam Melakukan Revitalisasi Pasar Besar

Jika sebelumnya kegiatan digelar dengan buka bersama dengan anak yatim dan kaum dhuafa.

Kali ini hanya pemberian santunan dan ceramah agama dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ia menuturkan penerima santunan mendapat uang tunai sebesar Rp 500 ribu.

Bagian Kesra menyiapkan anggaran sebesar Rp 2 miliar untuk mendistribusikan santunan kepada 4000 kaum dhuafa dan anak yatim piatu. Santunan itu akan disalurkan selama Ramadan.

“Total ada 4000 orang penerima dari kaum dhuafa dan yatim piatu. Penerima tersebar dari tiap desa/kelurahan yang ada di Kota Batu. Untuk kali bantuan diserahkan bagi wilayah Kelurahan Songgokerto,” tandas mantan Sekretaris Dinas Pertanian itu. (wok/adv/wan)