Operator Website Pemkab Malang, Ujung Tombak Penyampai Informasi ke Publik

  • Whatsapp
website malang
Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Wahyu Hidayat saat memberikan sambutan pada kegiatan Monev oleh Diskominfo. (Ajeng Jasita/nusadaily.com)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Hadir dalam Monitoring dan Evaluasi (Monev) dalam rangka pembinaan pengelolaan website perangkat daerah Kabupaten Malang, Kamis (24/6/2021) di Hotel Sahid Montana Dua Kota Malang, Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Wahyu Hidayat menyampaikan bahwa operator website adalah ujung tombak penyampai informasi. Sehingga kemampuannya perlu diasah. Menurutnya, tampilan atau wajah Kabupaten Malang tergantung pada kemampuan mereka.

“Saya akan mengevaluasi monitoring pagi ini, sekali lagi, baik buruknya tergantung para ibu bapak sekalian sebagai operator, seperti halnya jika ada yang viral. Nah kalau viralnya positif tidak masalah akan tetapi menjadi masalah kalau negatif, apabila ada hal yg tidak perlu di update ya tidak usah. Sebab yang perlu diupdate merupakan info resmi dari Pemkab,” bebernya.

Baca Juga

BACA JUGA: Diskominfo Gelar Monitoring dan Evaluasi Demi Tingkatkan Kinerja Operator Website Pemkab Malang

Lanjutnya, juga menjadi tanggung jawab operator, sebagai penyeimbang berita yang sedang beredar luas di masyarakat tapi kejelasannya masih dipertanyakan.

“Kalau ada yang tidak baik tengah beredar, operator dapat menyeimbangkan dengan data, fakta dan realita yang sebenarnya untuk kemudian dikemas dan ditampilkan ke publik,” tandasnya

Disebutkannya pula, di zaman yang serba canggih seperti saat ini, seluruh kalangan dimudahkan dalam mengakses informasi dari manapun.

“Masyarakat sekarang semakin gampang untuk dapat informasi, bahkan melalui akses yang tersedia masyarakat bisa lebih persuasif. Termasuk berdampak pada sendi kehidupan lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang,” tutur Wahyu.

BACA JUGA: Sosialisasi Cukai Hasil Tembakau Kabupaten Malang, Bupati: Produsen Rokok Ilegal Jangan Diberantas Tapi Dibina

Pemkab Malang yang telah memiliki website resmi ingin menjadikan kesempatan ini sebagai ruang bagi masyarakat dalam menyaksikan kinerja Pemkab.

“Website resmi kami ini sebagai informasi ke publik dengan domain www.malangkab.go.id yang diharapkan menjadi transparasi bagi masyarakat luar untuk melihat langsung pergerakan kinerja Pemkab Malang,” imbuhnya.

Lanjut wahyu, untuk itu, website ini perlu ada perlakuan khusus seperti sistem yang harus diperbarui secara berkala. Sehingga tidak ada masalah saat diakses.

“Pemahaman pada pengelola website (operator) penting diberlakukan, untuk meningkatkan pemahaman dalam pengelolaannya,” ulasnya.

BACA JUGA: Penuhi Target PAD, Bapenda Kabupaten Malang Bertumpu Pada PBB

Terakhir, Wahyu berharap Diskominfo dapat mengarahkan untuk melayani dan dapat memberikan bentuk gambaran positif dalam penyampaian informasi seperti yang diinginkan masyarakat Kabupaten Malang. (aje/lna)