Nobatkan Kangmas Nimas Kota Batu, Disparta Ajak Duta Wisata Lebih Inovatif

  • Whatsapp
Kangmas nimas
Walikota Batu Dewanti Rumpoko dan Wakil Walikota Batu Punjul Santoso menyerahkan piagam penghargaan kepada Surya Bagus Pambudi dan Oxa Feby Salsabilla yang dinobatkan sebagai Kangmas Nimas Kota Batu 2020
banner 468x60

NUSADAILY.COM -KOTA BATU–  Selendang Kangmas Nimas 2020 Kota Batu disampirkan pada pundak Surya Bagus Pambudi dan Oxa Feby Salsabilla. Keduanya terpilih Kangmas Nimas tahun ini dalam Grand Final yang diikuti 10 finalis di Klub Bunga Rabu malam (21/10).

Penyelenggaraan pemilihan duta wisata Kangmas Nimas Kota Batu diinisiasi Dinas Pariwisata Kota Batu. Hadir Walikota Batu Dewanti Rumpoko, Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso dan seluruh kepala OPD di lingkungan Pemkot Batu dalam grand final.

Baca Juga

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan, kangmas nimas yang terpilih, akan diberi kesempatan melaku ke ajang yang lebih tinggi dan  melakukan perannya sebagai duta wisata Kota Batu. Mereka akan dikader sebagai duta pariwisata yang berperan sebagai perpanjangan dari Dinas Pariwisata untuk  menjembatani dengan pelaku wisata dan wisatawan.

Di masa pandemi ini, kangmas nimas terpilih ini juga dituntut untuk membuat terobosan wisata. Dengan menyelaraskan antara perekonomian sektor pariwisata dan aspek kesehatan yang menonjolkan protokol kesehatan ketika melayani wisatawan.

“Tentu dengan komunikasi yang baik kangmas nimas, Kota Batu mampu menyelenggarakan pariwisata yang sehat, aman dan ramah lingkungan sehingga bisa kembali pulih,” kata Arief dilansir Nusadaily.com.

Menurut Arief, perlu suatu kepastian dan jaminan bagi wisatawan agar tak cemas ketika melakukan aktivitas wisata di Kota Batu. Sehingga upaya promotif dan preventif  perlu dilakukan  agar wisatawan merasa nyaman berwisata di Kota Batu saat masa pandemi.

“Untuk itu peran kangmas nimas sangat penting melakukan kampanye pariwisata yang sehat, nyaman, tertib dan ramah lingkungan,” pungkas Arief.

Sementara itu, Walikota Batu Dewanti Rumpoko menekankan, kangmas nimas memiliki tanggungjawab bukan hanya di bidang promosi wisata. Namun juga berperan sebagai corong menyiarkan program Pemkot Batu, terutama pelaksanaan protokol kesehatan.

“Disamping promosi pariwisata, juga menyiarkan protokol-protokol kesehatan,” timpal Dewanti.

Tentunya agar bisa melakukan tugasnya dengan baik mereka harus juga mendekatkan diri pada masyarakat. Untuk itu, Dewanti meminta kepada Dinas Pariwisata mengikutsertakan kangmas nimas di setiap program kegiatan Pemkot Batu. Ini juga akan membuat mereka lebih detail mengenal karakteristik masyarakat hingga ke sudut-sudut Kota Batu.

“Mereka bisa ikut saat acara kepala daerah berkunjung ke desa-desa agar bisa hadir langsung blusukan ke tengah-tengah masyarakat,” ungkap Dewanti yang juga ditunjuk sebagai Juri Kehormatan pada acara Grand Final Kangmas Nimas 2020 Kota Batu.

Para 10 finalis yang berkompetisi dalam ajang Kangmas Nimas Kota Batu, diharuskan membuat makalah yang mengulas Kota Batu dan membuat gagasan inovatif  memajukan destinasi wisata. Mereka tak hanya dinilai dari paras wajahnya yang menawan namun juga aspek perilaku dan kecerdasan.

Sebelumnya, yang terpilih dalam kategori lima besar kangmas nimas yakni Muhammad Devano Faris Estiawa, Arghata Diananta Romadhon, Ronald Anggara Putra, Roin Riyadi Syifak, dan Surya Bagus Pambudi. Lalu nimas yang masuk lima besar adalah Fidela Gladis Atmaja, Yessica Febbyena Cezzabellla,  Oxa Feby Salsabila, Yunita Pratiwi Saputra, dan Malva Lena Santoso.

Selanjutnya diseleksi ke dalam tiga besar dengan memunculkan nama-nama, di antaranya Muhammad Devano Faris Estiawa,  Ronald Anggara Putra, dan Surya Bagus Pambudi. Nimas yang masuk tiga besar adalah  Oxa Feby Salsabila,  Yunita Pratiwi Saputra, dan Fidela Gladis Atmaja.

Sedangkan  yang terpilih sebagai Kangmas dan Nimas Favorit tahun 2020 adalah Arghata Diananta Romadhon dan Anggun Izatul Khofifah. Sementara Kangmas dan Nimas Persahabatan adalah Mochammad Taufik Aji Fahruli dan Yessica Febbina Cezzabella. (wok/adv/wan)

Post Terkait

banner 468x60