Mudahkan Pemohon Adminduk, Dispendukcapil Magetan Buka Layanan di 18 Kecamatan

  • Whatsapp
layanan adminduk
Drs. Hermawan MS.i, Kepala dinas Dukcapil Magetan. (istimewa)
banner 468x60

MAGETAN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magetan, Jawa Timur, turut andil dalam usaha memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19, dengan memaksimalkan layanan Adminduk di 18 Kecamatan dan Mal publik.

Rata-rata dalam sehari, pemohon Adminduk di kantor pusat Sukomro jalan raya Magetan – Maospati sebanyak 150 – 200 pemohon. Bila dipecah menjadi 18 titik Kecamatan, diestimasi pemohon 7 sampai 8 orang saja.

Baca Juga

”Kita memiliki 18 titik layanan di Kecamatan masing masing, dan satu mall layanan publik pasar baru. Dengan begitu antrean kantor pusat dapat diatur dan dikurangi. Sehingga risiko penularan Covid-19 baik antar pemohon maupun kepada petugas sangat kecil, ” ungkap Drs. Hermawan MS.i, kepala dinas Dukcapil Magetan kepada nusadaily.com, Selasa 27 Oktober 2020.

Lebih lanjut Hermawan mengatakan, jarak terjauh desa dengan Kecamatan hanya 5 kilometer. Lebih dekat dibanding dengan datang ke kantor induk layanan, yang bisa 30 kilometer lebih.

”Jadi pemohon lebih menghemat biaya tranfortasi dan waktu untuk mendapatkan layanan,” terangnya.

Saat ini semua keperluan Adminduk mulai dari E-KTP, KK, Akta Kelahiran, Akta Kematian hingga surat surat yang lain sudah dapat dibuat di Kecamatan masing masing.

”Dekat dengan masyarakat, mudah cepat dan gratis,” ungkap Hermawan.

Bagi pemohon yang tidak dapat mengurus langsung di Kecamatan bisa daftar secara online pada website yang telah disediakan. Untuk alur pendaftarannya, bisa menyimak link di bawah ini:

Ribuan Warga Magetan Urus Adminduk Via Online, Ini Alurnya

”Intinya pemohon Adminduk sekarang ini lebih mudah dan aman. Risiko terpapar dari Covid-19 akibat kerumunan pemohon satu dengan yang lain tidak ada lagi. Lebih dekat dengan rumah karena dapat diurus di kecamatan masing-masing, atau via online yang dapat diakses dari hanpone masing masing,” papar Hermawan.

Ke depan, Dispenduk akan terus berkreasi mengembangkan sistem online yang lebih sederhana lagi, yang saat ini masih terlalu panjang, harus mendaftar dan menunggu antrean online. ”Dalam waktu dekat sistem online akan sempurna, urus online cukup 15 menit sudah jadi dan beres,” ungkapnya lagi.

“Tunggu Surfree kami, karena saat ini petugas ITE sedang mengikuti bimtek untuk menyempurnakan dan memudahkan pemohon, ” pungkasnya. (dukcapilmagetan/nto/lna)

Post Terkait

banner 468x60