Menpan RB Tjahjo Kumulo Apresiasi Anjungan Dukcapil Mandiri di MPP Magetan

  • Whatsapp
Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) milik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Magetan di Mal Pelayanan Publik
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MAGETAN – Secara simbolis Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo resmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Magetan. Turut hadir dalam launcing peresmian MPP tersebut Gubernur Jawa Timur Kofifah Indar Parawansa, Bupati Madiun dan Walikota Madiun. Senin (05/04/2021).

Dalam sambutannya Menpan mengapresiasi Kabupaten Magetan yang sudah miliki Mal Pelayanan Publik, dengan mal tersebut administrasi menjadi lebih cepat dan mudah. Segala urusan cukup pada satu tempat. Selain itu adanya mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang ada membuat urusan kependudukan mudah.

”Sekarang urusan adminduk dengan adanya mesin yang bisa cetak KK, KTP dan akte lebih mudah dan cepat, apalagi saat pandemi seperti sekarang ini, benar benar dapat meminimalisir adanya antrian dan kerumunan,” katanya.

Terpenting, lajutnya, pelayanan publik selain memberikan layanan prima, juga harus memberikan rasa kenyamanan bagi masyarakat. Layanan publik harus ada seperti mainan anak, ruang menyusui, serta infrastruktur kelompok rentan. Disabiltas dan para orang tua.

Sementra itu Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Magetan Hermawan mengucapkan terimakasih atas apresiasi yang diberikan Menpan. Ini akan menjadi semangat dinasnya dalam meningkatkan pelayananya semakin prima. Mesin ADM yang ada di MPP memudahkan masyarakat untuk melengkapi dokumen kependudukannya.

Masyarakat yang ingin mencetak dokumen kependudukan melalui mesin ADM, sebelumnya harus teregristrasi terlebih dahulu di Disdukcapil Magetan dan telah melakukan perekaman data untuk e-KTP. Selanjutnya masyarakat akan menerima pin, QR code, dan sidik jari melalui ponsel.

‘’Jadi masyarakat bisa cetak dokumen kependudukan kapan pun tanpa harus antri,” kata Hermawan.

Dengan banyaknya kemudahan dan pilihan, lanjutnya, diharapkan masyarakat semakin sadar pentingnya dokumen kependudukan. Masyarakat yang usia 17 tahun ke atas bisa segera melakukan perekaman.

“Sekarang masyarakat yang ingin mengurus adminduknya banyak pilihan, bisa cetak di kecamatan terdekat, kantor disdukcapil, atau di MPP,” pungkasnya. (nto/kal)