Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita KhususLayanan Informasi dan Promosi Pariwisata 'SIP Banget' Raih Penghargaan Top 45 Sinovik

Layanan Informasi dan Promosi Pariwisata ‘SIP Banget’ Raih Penghargaan Top 45 Sinovik

NUSADAILY.COM – KOTA BATU – SIP Banget merupakan layanan informasi berbasis teknologi digital yang dikembangkan Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu. Layanan ini diluncurkan sebagai sarana memperluas promosi industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Aplikasi SIP Banget diinobatkan sebagai Top 45 sistem informasi inovasi pelayanan publik (Sinovik) oleh Kemenpan RB.

Kepala Disparta Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan, Kota Batu memiliki potensi wisata dan keunikan yang menjadi magnet untuk menarik kunjungan wisatawan. Sehingga untuk menonjolkan potensi itu butuh langkah komprehensif dan integratif. Termasuk juga dalam hal promosi dan pemasaran industri pariwisata.

BACA JUGA: Disparta Kota Batu Targetkan Raperda Rippda Diundangkan Tahun Ini

“Butuh format yang efektif untuk mempromosikan pariwisata. Melalui aplikasi SIP Banget, disajikan informasi pariwisata lengkap. Sehingga wisatawan ditawarkan banyak pilihan menikmati liburan di Kota Batu,” papar Arief.

Lebih lanjut, Arief menambahkan, Kota Batu mengkombinasikan mass tourism dan wisata pedesaan dari industri pariwisata dan ekraf berbasis potensi dan karakteristik tiap desa/kelurahan.

BACA JUGA: Destinasi Andalan Tanaman Hias, Disparta Kota Batu Luncurkan Mall Bunga Sidomulyo

Produk parekraf di tiap desa/kelurahan yang ada di Kota Batu, memiliki peluang besar menembus pasar global. Namun, peluang itu belum digarap secara optimal. Lantaran promosi dan pemasaran masih dilakukan secara konvensional. Sehingga butuh peningkatan layanan teknologi informasi agar jangkauannya lebih luas.

Selain menawarkan promosi parekraf secara luas, SIP Banget juga memberikan layanan kemudahan transaksi secara digital berbasis QRIS. Layanan transaksi digital itu dapat diakses melalui laman website sipbanget.batukota.go.id. SIP Banget mengakomodir produk parekraf di delapan desa/kelurahan wisata dan 12 paket wisata tematik. 

“SIP Banget juga terintegrasi dengan layanan sistem informasi Among Batu. Serta zistem aplikasi smart city Pemkot Batu yang memuat segala informasi aktual tentang Kota Wisata Batu,” pungkas Arief. (wan/adv)

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Penemuan Perahu Kuno Kerajaan Powan di Sungai Andong Ngawi

NUSADAILY.COM – NGAWI – Warga menemukan sebongkah batang kayu yang diduga sebagai bangkai perahu kuno di sungai Andong Desa/Kecamatanan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Baca...