Senin, September 26, 2022
BerandaBerita KhususKota Malang Terbaik Ketiga Penghargaan Pembangunan Daerah 2022

Kota Malang Terbaik Ketiga Penghargaan Pembangunan Daerah 2022

NUSADAILY.COM – KOTA MALANG – Pemerintah Kota Malang meraih predikat terbaik ketiga nasional dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2022, kategori perencanaan dan pencapaian terbaik tingkat kota.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Prestasi ini diperoleh Kota Malang berdasarkan hasil penilaian evaluasi perencanaan dan implementasi pencapaian target-target pembangunan daerah oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang diumumkan secara virtual bersamaan dengan peresmian pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2022, Kamis (28/4/2022).

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa menyampaikan, PPD 2022 menjadi pionir dalam mempraktikan evaluasi kreatif terhadap provinsi, kabupaten, dan kota untuk menguatkan motivasi, menyebarluaskan inspirasi dan meningkatkan kualitas.

BACA JUGA: HUT ke-108, Sutiaji: Refleksi Semangat Bangkitkan Kembali Kota Malang

“Sinergi pembangunan daerah yang baik melalui perencanaan dan implementasi yang matang, serta mendukung inovasi dalam menjawab tantangan. PPD 2022 diharapkan dapat memunculkan daerah-daerah terbaik yang baru dan menginspirasi demi memajukan bangsa dan negara,” ungkap Suharso.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dalam dalam arahannya saat membuka Musrenbangnas Tahun 2022, menyampaikan kepada seluruh peserta sebagaimana tema Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2023. Di mana seluruhnya harus bekerja keras untuk meningkatkan produktivitas menuju pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Semua, kita harus memiliki sense of crisis. Jangan seperti biasanya, jangan business as usual. Hati-hati, sense of crisis harus ada di kita semuanya. Sehingga kita harus ada perencanaan yang baik, harus ada skenario yang pas dalam menghadapi situasi yang tidak pasti ini,” pesan Presiden.

Sementara itu, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji yang hadir secara virtual didampingi oleh Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko dan Sekretaris Daerah Kota Malang Erik Setyo Santoso, ST., MT mengucapkan rasa syukur atas prestasi yang telah diraih ini. Hal ini sekaligus menjadi motivasi perbaikan kinerja Pemkot Malang untuk menuntaskan pekerjaan rumah dalam target pembangunan Kota Malang, sebagaimana yang telah disusun dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023 Kota Malang.

“Alhamdulillah Kota Malang berhasil mendapatkan terbaik ketiga kategori kota pada PPD 2022. Prestasi ini adalah hasil kerja keras dan komitmen bersama untuk semakin menguatkan pembangunan di Kota Malang. Prestasi ini tidak lepas dari sinergi dan kolaborasi dari segenap pihak yang turut berperan. Semoga ke depan raihan prestasi ini dapat terus ditingkatkan,” ujar Sutiaji.

Dalam gelaran PPD 2022, Kota Malang mengangkat Inovasi Malang Creative Center (MCC) yang secara inklusif mewadahi komunitas gamers, manga, film, musik, fashion, broadcast, dan lainnya untuk kolaborasi, pelatihan dan produksi hingga membuka kesempatan kerja.

BACA JUGA: Kominfo RI Apresiasi Perkembangan Startup Kota Malang

Selain itu, MCC juga akan meningkatkan pendapatan daerah dan meningkatkan daya saing. Dalam penilaiannya, PPD 2022 melibatkan tim penilai independen yang terdiri dari para ahli dan profesional non-pemerintahan yang didukung dengan tim penilai utama lintas kementerian dan lembaga serta tim penilai teknis berbagai sektor.

Adapun daftar penerima PPD 2022, yakni kategori provinsi dimenangkan oleh Provinsi Jawa Barat, terbaik dua Provinsi Jawa Timur, dan terbaik tiga Provinsi Bengkulu. Kategori kabupaten dimenangkan oleh Kabupaten Bantaeng, terbaik dua Kabupaten Sumedang, dan terbaik tiga Kabupaten Wonogiri. Kategori kota dimenangkan oleh Kota Yogyakarta, terbaik dua Kota Pagar Alam, dan terbaik tiga Kota Malang. (red)

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

4 ABG Perkosa Gadis 13 Tahun di Hutan Kota Jakut, KemenPPPA: Pelaku Sering Akses Situs Dewasa

NUSADAILY.COM - JAKARTA - 4 ABG melakukan aksi bejat dengan memperkosa gadis berusia 13 tahun di Hutan Kota Jakarta Utara (Jakut). Keempat pelaku diketahui...