Kementan RI Respons Usulan Komisi II, Petani Bisa Tebus Pupuk Subsidi Tanpa Kartu Tani

  • Whatsapp
petani kabupaten pasuruan
Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pasuruan, Joko Cahyono bersama Dirjen Pupuk dan Pestisida Kementan RI.
banner 468x60

NUSADAILY.COM-PASURUAN- Petani di Kabupaten Pasuruan kini bisa bernafas lega karena bisa terhindar dari ancaman gagal panen. Persoalan kartu tani yang menjadi syarat penebusan pupuk subsidi, untuk saat ini tak lagi diperlukan.

BACA JUGA: Reses, NasDem DPRD Kabupaten Pasuruan Bantu Benih Ikan dan Dana Motivasi

Baca Juga

Para petani bisa membeli pupuk subsidi di kios yang ditunjuk cukup dengan melampirkan rekomendasi dari Mantri Pertanian atau PPL. Mereka yang boleh membeli tentu saja harus terdaftar dalam e-RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok).

Kebijakan ini diberikan menyusul keluhan para petani yang tidak bisa menebus pupuk subsidi karena masih karut marutnya distribusi kartu tani. Ini terjadi karena bank BNI 46 yang ditunjuk mendistribusikan kartu tani belum siap menjalankan sistem elektroniknya.

“Kementerian Pertanian (Kementan) RI langsung merespon surat pengaduan petani yang kami kirimkan. Petani bisa membeli pupuk subsidi tanpa harus menggunakan kartu tani. Cukup membawa rekomendasi dari Mantri Pertanian setempat,” papar Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pasuruan, Joko Cahyono, seusai dialog dengan Tim Kementan RI yang berkunjung ke Tutur Kabupaten Pasuruan.

Tim Kementan RI tersebut dipimpin Dirjen Pupuk dan Pestisida, Muh Hatta. Pimpinan bank BNI 46 Pasuruan yang diberi tugas pendistribusian kartu tani juga hadir dalam pertemuan tersebut.

Menurut Joko, solusi kemudahan sistem pembelian pupuk ini membawa harapan baru bagi petani. Persoalan keterlambatan pemberian pupuk dan ancaman gagal panen, sudah bisa diantisipasi.

“Kami mengapresiasi atas solusi dan terobosan kebijakan dari Kementan RI dalam mengatasi permasalahan petani. Langkah cepat dan tepat ini harus menjadi contoh bagi Pemkab Pasuruan menyikapi persoalan para petani,” tandas Joko yang juga Ketua Partai NasDem Kabupaten Pasuruan kepada induk imperiumdaily.com ini.(adv/oni/cak)

Post Terkait

banner 468x60