Selasa, Desember 7, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaBerita KhususIni Suka Duka Dokter RSUD Kota Malang Tangani Pandemi Covid-19

Ini Suka Duka Dokter RSUD Kota Malang Tangani Pandemi Covid-19

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MALANG – Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak tahun 2020 lalu, mendorong sejumlah tenaga kesehatan (nakes) bekerja keras. Sebagai garda terdepan, mereka harus sigap dalam merawat pasien.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Seperti yang dilakukan oleh salah satu dokter spesialis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Malang, dr RA Siti Juhariyah, SpP. Selama mengabdi sejak tahun 2018, pandemi Covid-19 memberikan pengalaman baru bagi dokter spesialis paru tersebut.

“Selama ini, yang paling berkesan kalau saya sebagai dokter paru ya menangani pasien-pasien dengan penyakit paru, pasien TBC , pasien penyakit paru obstruktif kronik, asma, kanker paru dan infeksi pneumonia,” terang dia.

BACA JUGA: Jawab Keraguan Terkait Vaksin Covid-19, Dokter di Malang Luncurkan Buku

Sementara, selama masa pandemi Covid-19, pihaknya turut serta menangani pasien Covid-19 tersebut.

“Pada saat Covid-19, saya menangani pasien-pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD, juga dirawat di Safe House,” kata dia.

Selama menangani pasien Covid-19, pihaknya juga mengalami sejumlah tantangan. Sebab, saat ini, RSUD Kota Malang merupakan rumah sakit tipe C yang memiliki sarana dan prasarana terbatas.

“Tantangan pasti ada, hambatan pasti ada. Utamanya, dalam menarik pasien untuk mau berobat, ya bukannya mendoakan. Tapi itu menjadi tantangan tersendiri bagi kami,” kata dia.

BACA JUGA: RSUD Kota Malang Sudah Terima Fasilitas Pemulasaraan Jenazah Covid-19

“Tapi bagaimana saya bisa harus siap saat. Pemerintah Kota Malang membutuhkan sebuah rumah sakit. Jadi, kita mau tidak mau dan siap tidak siap harus bisa menerima dan memang persiapannya juga cukup singkat supaya kita bisa menerima pasien Covid-19,” imbuh dia.

Atas dedikasinya tersebut, alumnus Universitas Brawijaya tersebut juga mendapat predikat Nakes Berprestasi Juara II tingkat Provinsi Jawa Timur pada tahun 2020.

“Alhamdulillah, ini menjadi motivasi saya untuk bekerja lebih giat lagi,” tandas dia.(nda/lna/adv)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Peningkatan aktivitas gunung Semeru ##tiktokberita

♬ suara asli - Nusa Daily