Senin, September 27, 2021
BerandaBerita KhususHasil Tinjauan Forkopimda Jember: Perlu Pembenahan Fasilitas Tempat Isolasi Terpusat untuk Warga

Hasil Tinjauan Forkopimda Jember: Perlu Pembenahan Fasilitas Tempat Isolasi Terpusat untuk Warga

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JEMBER – Pemerintah Kabupaten Jember menyediakan beberapa tempat untuk keperluan isolasi terpusat bagi warga yang sedang terpapar atau terjangkit COVID-19.

Kebutuhan selama isolasi seperti makanan, minuman, obat-obatan, serta nutrisi sebagai suplemen juga bakal ditanggung dengan biaya yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jember.

Tempat isolasi milik pemerintah diantaranya termasuk stadion Jember Sport Garden (JSG) di Desa/ Kecamatan Ajung, dan Hotel Kebonagung yang terletak di Jalan Arowana, Kecamatan Kaliwates.

Kedua lokasi tersebut ditinjau oleh pejabat terkait, mulai dari Bupati Jember Hendy Siswanto, Wakil Bupati KH Muhammad Balya Firjaun Barlaman, Komandan Kodim 0824 Letnan Kolonel Infanteri La Ode Muhamad Nurdin, dan Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin.

Berdasarkan pengawasan langsung, ternyata diperlukan pembenahan pada sejumlah fasilitas. Tujuannya agar warga yang menjalani isolasi lekas sembuh karena merasa nyaman dan terlayani secara baik.

Bupati Hendy menyampaikan, pembenahan harus segera dilakukan oleh dinas yang bertugas pada masalah tersebut. Selambat-lambatnya selesai dalam tempo 3 hari.

“Ada fasilitas pendukung perlu pembenahan seperti kamar mandi yang airnya kurang lancar. Itu, lantainya ada yang pecah-pecah harus perbaiki. Harus cepat perbaikannya,” sebutnya.

Ingin Segera Disediakan 300 Tempat Tidur

Ia juga ingin segera disediakan 300 tempat tidur dalam JSG. Sementara ini, masih terdapat sekitar 100 tempat tidur.

Bahkan, fasilitas tambahan berupa WiFi dengan jaringan internet memadai di JSG maupun Hotel Kebonagung. Tujuannya untuk membantu warga supaya dapat berkomunikasi dengan keluarganya melalui telepon seluler.

Menurut Bupati Hendy, ketersediaan WiFi dirasa sangat dibutuhkan sebagai sarana hiburan menangkal rasa kebosanan warga selama menjalani masa isolasi kurang lebih dua pekan.

Pemerintah menyiagakan tim medis khusus di JSG dan Kebonagung guna memantau dan memeriksa perkembangan kesehatan warga di dalamnya. Adapun keluarga yang berada di rumah, memperoleh bantuan beras.

Bupati Hendy mengungkapkan, upaya penanggulangan wabah penyakit COVID-19 disertai dengan intensitas pelacakan warga yang tertular.

“Kita memilih kecamatan-kecamatan paling tinggi kasus COVID-19 nya untuk di-tracing ke warga pasien yang sedang isolasi mandiri. Kita juga pasangi bendera merah bagi rumah yang sedang terisi pasien COVID-19,” jelasnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Cipta Karya Jember Eko Ferdiyanto yang bertanggung jawab terhadap JSG menyatakan telah memulai pekerjaan untuk pembenahan fasilitas hasil tinjauan Forkopimda.

“Sudah kita mulai lakukan sejak kemarin dan sekarang masih dikerjakan bersama teman-teman. Memang ada kran air yang tidak mengalir, serta ada juga yang mengalir terus. Ada kerusakan di pipa serta kelep,” ungkapnya, Selasa, 3 Agustus 2021.

Bahkan, Eko mendapati kerusakan lain yakni lebih dari 10 lampu kamar mandi yang telah mati. Ia mengganti dengan lampu baru sekaligus merapikan instalasi elektrikalnya agar berfungsi normal.

Lebih lanjut, dia meminta kepada warga yang isolasi dalam JSG untuk segera melapor ke petugas apabila menemukan kerusakan fasilitas supaya direspon cepat untuk perbaikannya. (adv/sut)

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

The Legion Nutrition dan Amarta Hills Berkolaborasi Gelar Body Competition

NUSADAILY.COM - KOTA BATU - Produsen suplemen olahraga, The Legion Nutrition tak berhenti memberikan dukungannya di bidang olahraga. Kali ini mereka ambil bagian sebagai...