Rabu, September 28, 2022
BerandaBerita KhususHari Jadi ke-525 Ponorogo, DPRD-Bupati Sepakat Tanpa Grebeg Suro

Hari Jadi ke-525 Ponorogo, DPRD-Bupati Sepakat Tanpa Grebeg Suro

NUSADAILY.COM – PONOROGO – Alasan masih dalam pandemi COVID-19, hari jadi ke-525 tahun Kabupaten Ponorogo kali ini tanpa perayaan. Hal ini terungkap dalam rapat paripurna antara DPRD dan Pemkab Ponorogo.DPRD dan Bupati sepakat tidak menggelar grebeg suro. Hari jadi kali ini diperingati dengan sederhana yaitu pemotongan tumpeng di ruang rapat Selasa, 10 Agustus 2021 malam.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Dalam pernyataannya usai gelar paripurna dengan DPRD Ponorogo, Bupati Sugiri Sancoko meminta hari jadi ke-525 tahun Kabupaten Ponorogo ini agar dijadikan refleksi, ada waktu untuk kaca bengala, ada waktu merenung, kontemplasi.

Menyadari masa lalu seperti apa kemudian kita olah untuk berpikir ke masa depan tidak mengulangi kesalahan. Untuk berinovasi menuju akselerasi Ponorogo yang lebih baik.

Baca Juga: Balon Udara Isi Petasan Meledak, Empat Rumah dan Satu Sekolah di Ponorogo Rusak

“Mudah mudahan pandemi ini segera sirna segera reda dan kami segera bisa kerja normal kembali. Ekonomi segera pulih yang sekolah bisa segera sekolah, pedagang bisa berdagang yang seniman seniwari bisa tangapan lagi, yang hajatan bisa gelar wayang semalam suntuk. Namun karena ini masih pandemi adakalanya kita merenung dengan penuh kesabar penuh kontenpelasi, semoga kita dapat melalui cobaan ini semuanya,” kata Buapati Sugiri kepada nusadaily.com, Selasa, (10/08/2021).

Sementara itu Sunarto Ketua DPRD Ponorogo mengatakan, dua kali dalam sejarah tidak mengelar perayaan HUT Kabupaten karena dalam pandemi. Bila tahun lalu tidak setinggi ini tahun ini pandemi makin tinggi.

Baca Juga: DPD Partai NasDem Ponorogo Kurban 15 Ekor Sapi

“Karena pandemi tinggi, saya dengan Bupati sepakat, biarlah HUT Ponorogo yang ke-525 tahun ini. Jadi bagian dari nikmat kita yang perlu disetujui dan sebagai introspeksi diri. Mudah-mudahan kita semua dapat selamat dan melalui pandemi ini. Ihktiar telah kita lakukan semoga pandemi segera usai,” jelasnya.

Pihaknya juga ingin membangun kebersamaan Ponorogo dengan hati yang seluas luasnya. Sunarto menyatakan bahwa, ingin membangun Ponorogo bukan tataran permukaan saja. Tetapi juga dengan hati yang seluas-luasnya sesuai dengan kapasitas masing-masing.

Baca Juga: Setujui RPJMD Ponorogo, DPRD Desak Bupati Segera Tuntaskan Janji Politik

“Perlu dipahami, bahwa pemerintah daerah terdiri dari Bupati dan DPRD. Ketika kita bersuara ketika DPRD memberikan kritik kepada pemerintah jangan diartikan sebagai DPRD memusuhi pemerintah. Tetapi ini bentuk dari pengawasan dan kontrol dalam rangka pelaksaan pemerintahan. Jangan sampai justru kita meluruskan hal yang perlu diluruskan dan dianggap memusuhi pemerintah. Mari kita bersama-sama berintrospeksi diri, bermawas diri. Kepada media sampaikan berita seobjektif mungkin. Pendidikan politik ini kepada masyarakat dengan bahasa yang enak agar masyarakat mudah memahami,” papar Sunarto.

Baca Juga: Vita Alvia, Pedangdut Banyuwangi Jebolan D’Academy

Terakhir, dua hari ini DPRD sudah membahas KUA – PPAS tahun 2022, kemudian dilanjutkan ke KUA Perubahan PPAS 2021. Pihaknya mohon doa restu semuanya agar pembahasan ini segera dapat diselesaikan. Pagi sore malam tampak rapat terus dilakukan dewan untuk menuntaskan. Ketua juga meminta maaf bila saat ini ada program program yang belum sesuai dengan harapan masyarakat.

‘”Saya sebagai ketua DPRD memohon maaf karena kondisi saat belum normal. Namun kami sudah sampaikan kepada Sekertaris Daerah bahwa serapan kita masih rendah. Tahun 2021 kita sepakat untuk mempercepat serapan terutama pada infrastruktur yang berdampak langsung kepada masyarakat,” pungkasnya.

Baca Juga: Polisi Amankan Belasan Pelaku Penerbang Balon Udara Isi Petasan di Ponorogo

Selain pemotongan tumpeng sebagai peringatan HUT ke-525 Kabupaten Ponorogo.DPRD Ponorogo juga melauncing buku yang menceritakan sejarah berdirinya DPRD Ponorogo mulai tahun 1929 sampai saat ini. Tuntas dibahas dalam buku tersebut. (adv/nto/kal)

BERITA KHUSUS

Tujuh Poktan Situbondo Bakal Dapat Bantuan Alat Jemur Tembakau

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelontorkan anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 sekitar Rp180 juta. Duit jumbo...

BERITA TERBARU

Karier Harry Maguire di MU Sudah di Ujung Tanduk?

NUSADAILY.COM - MANCHESTER - Legenda Liverpool, Jamie Carragher beri kritik kepada Harry Maguire. Katanya, bek tengah itu sudah habis waktunya di Manchester United untuk...