Gas dan Rem, Jurus Tumbuhkan Ekonomi dan Pangkas Penularan Covid-19 Kota Batu

  • Whatsapp
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menyambut Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak pada salah satu destinasi wisata Jatim Park 3
banner 468x60

NUSADAILY.COM – NUSADAILY.COM – KOTA BATU – Kota Batu dinilai mampu mengendalikan risiko penularan Covid-19 secara baik. Hal itu ditunjukkan dengan angka kesembuhan pasien Covid-19 yang mencapai 130 orang per Sabtu, 25 Juli 2020 kemarin. Tancap gas dan rem menjadi jurus jitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta mengendalikan penularan Covid-19. 

Baca Juga

Pengendalian penularan yang baik menjadi faktor dibukanya sektor wisata yang dapat kembali menerima kunjungan wisatawan. Protokol kesehatan menjadi syarat utama yang harus disiapkan selama beroperasi di tengah pandemi menghadapi kenormalan baru.

Guna memastikan persyaratan protokol kesehatan dijalankan dengan baik oleh pengelola industri pariwisata, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak melawat ke Kota Batu. Mantan Bupati Trenggalek itu mendatangi Dino Park Jatim Park 3, salah satu ikon destinasi wisata Kota Batu, Minggu, 26 Juli 2020. Selain Jatim Park 3, Emil Dardak juga berkunjung ke wisata paralayang di Gunung Banyak. 

Turut menyambut Wagub, Walikota Batu Dewanti Rumpoko. Hadir juga Wakil Walikota Batu Punjul Santoso, Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama, serta manajemen Dino Park yang menjamu kedatangannya.

Beberapa area seperti Museum Musik Dunia dan Dino Mall hingga antrean loket tak luput dari perhatian Emil. Kemudian dilanjutkan ke The Legend Stars hingga ke Milenial Glow Garden.

Dari hasil peninjauan sektor pariwisata berbasis new normal di Kota Batu, Emil memberikan apresiasi kepada Walikota Batu. Acungan jempol disematkan pula pada  Dino Park yang cergas membentuk Satgas Covid-19 di lingkup internal manajemen.

Menyitir pernyataan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Emil mengatakan protokol kesehatan perlu diterapkan di tempat-tempat wisata untuk menyeimbangkan laju perekonomian serta tingkat penularan Covid-19 bisa dikendalikan. 

Menurutnya, protokol kesehatan diterapkan secara berlapis-lapis di Dino Park. Seluruh pengunjung diwajibkan cuci tangan di wastafel yang disediakan di pintu masuk. Kemudian petugas mengecek suhu tubuh. Serta disediakan sarung tangan di area-area yang banyak terjadi interaksi pengunjung dan tentunya wajib bermasker. Upaya semacam itu diyakini bisa meminimalisir resiko penularan.

“Protokol kesehatannya berlapis-lapis dan juga ada batasan pengunjung. Hanya 5000 yang diperkenankan masuk. Di setiap wahana dibatasi lagi. Seperti Milenial Glow Garden maksimum 500 orang,” papar Emil dilansir Nusadaily.com.

Rangkaian penerapan protokol kesehatan itu sesuai dengan arahan Disbudpar Pemprov Jatim. Sehingga ia optimis bergeliatnya pariwisata menghadapi kenormalan baru bisa menggenjot laju perekonomian di Kota Batu.

Selain meninjau pelaksanaan protokol kesehatan di Dino Park, Emil melanjutkan kunjungannya ke Kawasan Paralayang, Kota Batu. Ia mengungkapkan, ada 100 daya tarik wisata di Jawa Timur dan 479 desa wisata. 

Protokol kesehatan menjadi hal yang utama bagi pengelola wisata agar bisa kembali beroperasi. Sehingga mendorong pertumbuhan perekonomian. Pemprov Jatim juga telah turun tangan memberikan bantuan penyediaan fasilitas protokol kesehatan terutama di desa-desa wisata.

“Semua perlu diantisipasi risiko penularannya. Apalagi melihat situasi saat ini menghadapi new normal. Perlu dikelola dengan melihat situasi dan kondisi. Kepala daerah harus jeli, kapan waktunya ngegas atau ngerem,” cetus Emil. (wok/adv/wan)

Post Terkait

banner 468x60