DPRD Banyuwangi Dorong Siswa Aktualisasikan Spirit Pancasila di Kehidupan Sehari-Hari

  • Whatsapp
Spirit Pancasila banyuwangi
Pimpinan DPRD Banyuwangi saat kunjungan kerja ke SMAN I Giri, Kamis 1 Oktober 2020. (ozi/nusadaily.com)
banner 468x60

NUSADAILY.COM-BANYUWANGI- Momen Hari Kesaktian Pancasila, DPRD Kabupaten Banyuwangi mendorong kalangan siswa agar mengaktualisasikan spirit Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam dasar negara tersebut. Maka cita-cita para pejuang bangsa yang berkeinginan anak cucunya hidup sejahtera, adil dan makmur bakal terwujud.

Baca Juga

“Pancasila bukan hanya sebagai norma dasar, tetapi juga sebagai falsafah Grondslag atau cara pandang kita sebagai warga negara, misalnya gotong royong dalam menangani pandemi covid-19,“ kata Ketua DPRD Banyuwangi, I Made Cahyana saat berkunjung ke SMAN I Giri, Kamis 1 Oktober 2020.

Made datang berkunjung ke SMAN I Giri ditemani dua pimpinan dewan lainnya, M. Ali Mahrus dan Ruliyono. Mereka disambut langsung Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Banyuwangi, Istu Handono, Kepala SMA Negeri I Giri, Mujib, Ketua Foroum Komite Sekolah Banyuwangi, Misnadi, serta jajaran Guru dan Siswa.

Kunjungan kerja tersebut dalam rangka monitoring kegiatan belajar mengajar secara daring, sekaligus menyerahkan buku ‘Spirit Pancasila : Gotong Royong Hadapi COVID-19’.

Buku tersebut merupakan kumpulan karya tulis peserta lomba esai yang digelar DPRD dalam memperingati bulan Pancasila pada Juni lalu yang berisi tentang implementasi nilai-nilai pancasila dalam penanganan COVID-19.

“Bertepatan dengan hari Kesaktian Pancasila, kita membagikan buku kumpulan essai ini. Semoga gagasan – gagasan yang disampaikan lewat karya tulis ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya untuk menangani pandemi Covid-19,“ imbuhnya.

Buku tersebut rencananya juga akan di distribusikan ke lembaga pendidikan lainnya di Banyuwangi. Hal ini bertujuan untuk mendorong kalangan pelajar kian aktif menulis dan mengaktualisasikan semangat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Ini upaya kita untuk memupuk sejak dini, agar kalangan pelajar benar-benar memahami esensi dari nilai Pancasila dan bisa mengimplementasikannya dalan kehidupan sehari-hari,” imbuhnya.

M.Ali Mahrus menambahkan, Pancasila sebagai ideologi negara dan pandangan hidup bangsa harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena Pancasila tidak terlepas dan sejalan dengan konsep syariah Islam.

“Falsafah Pancasila sejalan dengan lima hal inti dalam konsep Syariah Islam,“ ucapnya.

Sedangkan Ruliyono menuturkan, Hari Kesaktian Pancasila harus dimaknai sebagai upaya untuk memperkokoh peran Pancasila sebagai dasar negara serta idiologi bangsa. Pancasila memiliki peran penting sebagai pondasi dasar negara dan mempererat persatuan dan kesatuan.

“Kesaktian Pancasila juga bisa dimaknai sebagai sebuah penghormatan kepada seluruh pahlawan revolusi yang gugur dalam peristiwa G30S/PKI,“ ungkapnya.

Dalam kesempatan kunjungan kerja ini, pimpinan DPRD Banyuwangi menyempatkan diri menyapa siswa-siswi SMA Negeri I Giri yang mengikuti pembelajaran melalui daring. Siswa diminta agar tetap bersemangat mengikuti kegiatan belajar meski dengan keterbatasan akibat pandemi covid-19.(ozi/adv/cak)