Jumat, Januari 21, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaBerita KhususDisparta Kota Batu Rangkul Pelaku Kuliner Geliatkan Industri Pariwisata

Disparta Kota Batu Rangkul Pelaku Kuliner Geliatkan Industri Pariwisata

NUSADAILY.COM-KOTA BATU– Dunia kuliner sebagai sub sektor ekonomi kreatif memiliki korelasi yang sangat erat di bidang industri pariwisata. Keduanya saling mengisi dan melengkapi sebagai entitas produk budaya yang merepresentasikan kekhasan suatu daerah.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Hal inilah yang mendorong pelaksanaan Festival Kuliner 2021 yang digagas Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu. Acara itu digelar di area Batu Tourism Mall (BTM) yang berada di sekitar Alun-alun Kota Batu (Sabtu, 27/11).

Kepala Disparta Kota Batu, Arief As Siddiq menyampaikan Festival Kuliner 2021 yang diselenggarakan di BTM diikuti sekitar 15 peserta. Semula panitia menyediakan 25 stan, namun karena keterbatasan tempat dan untuk menghindari kerumunan, jumlah stan dikurangi menjadi 15 stan.

“Semua peserta yang berpartisipasi dari komunitas yang berkecimpung pada usaha kuliner di Kota Batu. Kami memfasilitasi agar mereka lebih mengenalkan produknya kepada wistawan maupun masyarakat Batu,” papar Arief.

Selain menampilkan beraneka ragam produk kuliner, festival ini dimeriahkan dengan pentas hiburan panggung musik. Ruang ini untuk memberi kesempatan bagi musisi yang sudah lama tak naik panggung karena dampak pandemi.

“Jadi kami libatkan juga teman seni pertunjukkan musik agar acara lebih meriah,” imbuh mantan Kepala DLH Kota Batu itu.

Pemilihan lokasi pelaksanaan di BTM bukan tanpa alasan. Disparta Kota Batu memilih BTM untuk memperkenalkan sentra informasi pariwisata yang baru dibentuknya.

Arief menambahkan, keberadaan BTM bisa menjadi wadah berkumpulnya pegiat pariwisata di Kota Batu. Desa wisata yang terdapat di Kota Batu juga bisa terjamah secara menyeluruh dengan keterlibatan semua elemen pariwisata.

BTM dijalankan dengan layanan satu pintu dengan menggandeng seluruh pelaku usaha pariwisata mulai dari homestay, hotel, UMKM, tour and travel dan lainnya. Sehingga  diharapkan menjadi magnet wisata di Kota Batu sehingga animo pengunjung semakin meningkat.

“Jadi nanti bisa menjadi pusat berkumpulnya pelaku usaha pariwisata dan  saling mengisi BTM. Sekaligus sebagai pusat informasi selain di bangunan stroberi Alun-alun Batu,” ungkap dia. (wok/adv/wan)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily