Bukan Hanya Buat Tidur, Asrama Mahasiswa Jember di Jogjakarta Sekaligus untuk Wirausaha

  • Whatsapp
Bupati Jember, Hendy Siswanto berkunjung ke asrama mahasiswa asal Jember di Jogjakarta. (nusadaily.com/ Pemkab Jember)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JEMBER – Bupati Jember, Hendy Siswanto menginginkan asrama mahasiswa milik Pemerintah Kabupaten Jember yang berada di Jogjakarta dapat berfungsi ganda.

Yakni, selain digunakan sebagai tempat tinggal sebaiknya juga dimanfaatkan oleh para mahasiswa disana untuk dipakai menjadi sarana mengembangkan wirausaha.

“Jangan hanya kuliah, tapi juga harus mandiri. Dengan apa? Berwirausaha,” ujar Hendy saat bersama istrinya Kasih Fajarini mengunjungi mahasiswa asal Jember di Jogjakarta, Minggu 13 Juni 2021.

BACA JUGA: Produk Nasi Liwet Domba dari Garut Diperkenalkan ke Mancanegara

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kunjungan Hendy setelah menandatangani nota kesepahaman dengan OKE OCE, platform jejaring usaha kecil dan menengah yang dirintis oleh Sandiaga Uno jauh sebelum menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Menurut Hendy, mahasiswa yang memulai berwirausaha sejak usia muda memiliki peluang lebih besar untuk berkembang di masa depan. Sebagai gambarannya, di Jember sendiri pertumbuhan wirausaha sangat pesat, mencapai 647.000 UMKM.

Pria berlatar belakang pengusaha itu juga menyampaikan, bahwa wirausaha dapat dimulai dari sesuatu yang tampak sederhana, namun mengandung nilai jual karena dibutuhkan oleh banyak orang. Sehingga, mahasiswa harus berani memulai.

“Silakan adik-adik mahasiswa ini mau usaha jualan apapun. Kami yang akan menjembatani. Mau (skala jualan) partai besar maupun kecil, silakan. Nanti di depan ini dirikan gerai. Silakan tumbuhkan jiwa wirausaha kalian,” urai Hendy.

Apabila mahasiswa berwirausaha, Hendy meyakinkan bakal bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain, karena dapat menciptakan kesempatan lapangan pekerjaan.

“Pulang dari sini, usahanya sudah berjalan lancar dan harus bisa merekrut tenaga kerja masyarakat Jember,” tuturnya.

Pemkab Jember telah beberapa kali merenovasi asrama mahasiswa di Jogjakarta serta tempat lainnya. Sebab, memang tujuannya untuk menyediakan fasilitas bagi warga asal Jember yang sedang menempuh pendidikan tinggi di daerah lain.

Mahasiswa asal Jember di Jogjakarta mendirikan organisasi IKPMJ (Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Jember). Selebihnya, Hendy berpesan agar dimanapun berada tetap para mahasiswa menjaga tingkah laku dan perbuatan.

“Mahasiswa di sini (Yogyakarta) adalah representasi Kabupaten Jember, jadi harus jaga sikap yang baik. Harus bersama-sama menjaga nama baik Jember,” pungkas Hendy. (sut/kal/pdf)