Sabtu, Januari 22, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaBerita KhususBPJS Ketenagakerjaan Mojokerto Jalin Sinergi dengan Pemkot

BPJS Ketenagakerjaan Mojokerto Jalin Sinergi dengan Pemkot

Dorong Peningkatan Kepesertaan Pelaku UKM dan Koperasi Lewat Expo Inkubasi

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

NUSADAILY.COM – MOJOKERTOBPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek Cabang Mojokerto terus meningkatkan sinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto. Diantaranya, dengan memperluas manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan mandiri terhadap para pelaku usaha kecil menengah (UKM) dan koperasi.

Kepala Cabang BPJamsostek Mojokerto Zilkarnain Mahading menjelaskan, pihaknya akan terus mempererat sinergitas dengan Pemkot Mojokerto. Yakni, dengan menggandeng Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopukmperindag) Kota Mojokerto dalam memperluas cakupan kepesertaan.

Kali ini, ungkap Zulkarnain, cakupan akan difokuskan pada pelaku UKM dan anggota koperasi di Kota Onde-Onde. “Nanti semua kita akan dorong pelaku-pelaku UKM dan anggota koperasi supaya bisa ikut menjadi peserta aktif,” ucapnya, Selasa, 7 Desember 2021 usai pagelaran Expo hasil inkubasi wirausaha UMKM dan Koperasi.

Zulkarnain menambahkan, terdapat banyak manfaat dalam keikutsertaan program jaminan sosial ketenagakerjaan kategori peserta mandiri. Setidaknya, peserta minimal bisa mendapat jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kematian (JKM).

Selain itu, juga terdapat Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), jaminan pensiun (JP), dan berbagai manfaat lainnya. “Sejauh ini sebenarnya sudah ada yang menjadi peserta, tapi kami dengan dinkopukmperindag akan terus mendorong supaya pelaku UKM dan koperasi ini bisa menjadi peserta aktif dan masif,” tandasnya.

Bentuk Pemberian Perlindungan Terhadap UMKM

Zulkarnain menyatakan, upaya tersebut juga sebagai bentuk untuk memberi perlindungan terhadap eksistensi pelaku UKM maupun koperasi. Sebab, mereka tak bisa lepas dari risiko dalam menjalani pekerjaan sehari-hari.

Tak hanya itu, dengan keikutsertaan menjadi peserta aktif BPJamsostek, maka juga bisa membantu memulihkan perekonomian akibat dampak dari pandemi. ”Ini bagian dari sinergi kami dengan Pemkot Mojokerto dalam rangka mendorong UKM dan koperasi untuk bangkit kembali,” tegas Zulkarnain.

Pada gelaran Expo Hasil Inkubasi Wirausaha UMKM dan Koperasi Kota Mojokerto Tahun 2021 di Atrium Sunrise Mall Kota Mojokerto, Selasa (7/12), Wali Kota Ika Puspitasari menyerahkan secara simbolis bagi penerima manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim dan Kepala Diskop dan UKM Provinsi Jatim Andromeda Qomariah.

Para penerima manfaat antara lain dari ahli waris Sugiyantoro yang menerima JKM dan JHT dengan total Rp 63.770.550. Juga ditambah jaminan beasiswa bagi dua anak senilai Rp139 juta dan JP4.279.200.

Selain itu, Ning Ita, sapaan akrab wali kota juga menyerahkan program manfaat BPJamsostek kepada ahli waris dari Alip Hariyanto berupa JKM dan JHT Rp42.431.160 serta JP4.279.200. Bantuan juga disalurkan kepada ahli waris Nur Sukhainan senilai Rp42 juta dari program JKM.(din/aka)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily