BPIP Gelar Lokakarya Nasional, Cetak Biru Sistem Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila

  • Whatsapp
Peserta Lokakarya Nasional Cetak biru sistem pendidikan dan pelatihan Pembinaa. Ideologi Pancasila saat foto bersama seusai kegiatan. BPIP for Nusadaily.com
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Guna mewujudkan sumber daya manusia unggul yang berlandaskan Pancasila, BPIP Rabu 18 November 2020 Menggelar Lokakarya Nasional, Cetak Biru Sistem Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila.

kegiatan lokakarya nasional berlangsung di Banjarbaru Kalimantan Selatan. Dibuka Langsung oleh Sekretaris Utama BPIP DR. Drs. Karjono, S.H., M.Hum.

Baca Juga

Dalam sambutan pembukaannya, Karjono mengatakan dengan gotong royong Nasional dalam pembangunan karakter Bangsa tersebut, merupakan langkah strategis Badan Pembinaan Ideologi Pancasila BPIP sesuai instruksi Presiden yang disampaikan dalam Presidential Lecture.

“Sistem pendidikan dan pelatihan ini harus disusun secara terencana sistematis terpadu serta berkesinambungan dalam jangka panjang atau lintas generasi ke generasi dan ini tidak boleh “close generation” atau tidak boleh terputus di satu generasi”, ucap Karjono

Dirinya juga berharap di era globalisasi generasi milenial ini, melalui Cetak Biru Sistem Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila dapat mencegah Ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.

BACA JUGA: BPIP: Penanaman Nilai Pancasila Harus Dilakukan Sejak Usia Dini

“Di era global dan di era milenial ini tampak potensi adanya ideologi yang bertentangan dengan nilai Pancasila seperti eksklusivisme, intoleransi, terorisme, radikalisme maupun gerakan separatisme”, terangnya.

Advokasi kebijakan dapat diwujudkan

Dalam kesempatan yang sama Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan BPIP Dr. Baby Siti Salamah l, M.Psi., Psikolog berharap advokasi kebijakan ini dapat diwujudkan melalui gotong royong Nasional dari segenap komponen Bangsa.

“Keberhasilan ini juga perlu didukung dengan regulasi yang tepat dan komprehensif sehingga dapat menyentuh semua pemangku kepentingan”, ujarnya.

Dirinya juga berharap dalam penyusunan draft dokumen penyempurnaan Cetak Biru Sistem Diklat PIP banyak sekali masukan dari Kementerian, Lembaga maupun Pemerintah Daerah sehingga dapat disempurnakan.

“Saya harapkan banyak masukan dari Ibu dan Bapak peserta dalam penyusunan Sistem Diklat Pembinaan Ideologi, sehingga draft dokumen Cetak Biru Sistem Diklat PIP dapat disempurnakan”, tutupnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Ir. Roy Rizali Anwar, ST., MT menyambut baik diselenggarakannya Lokakarya Nasional di Kalimantan Selatan.

“Penunjukan lokasi lokakarya di sini adalah bukti Kalimantan Selatan adalah Daerah kondusif dan toleransi”, ucapnya.

Pihaknya juga berkomitmen akan terus membumikan Nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat Kalimantan Selatan sebagai Ideologi Negara.

“Kita bisa rukun dengan Pancasila, bahkan Indonesia sebagai rujukan masyarakat Internasional maka kita perlu menjaganya dari bentuk segala gangguan Ideologi”, tegasnya. (sir/kal)

Post Terkait

banner 468x60