Bersama UNU Jogja, BPIP Susun Buku Kajian Pancasila Perspektif Hukum dan Filsafat Islam

  • Whatsapp
BPIP Pancasila
Kepala BPIP Prof.Yudian Wahyudi didampingi oleh Deputi Pengkajian Materi BPIP, Prof. Adji Samekto dan Rektor Universitas Nahdatul Ulama Prof. Purwo Santoso saat memberikan sambutan dalam penyusunan buku kajian Pengarusutamaan Nilai-nilai Pancasila dalam perspektif hukum dan filsafat Islam. (BPIP for Nusadaily.com)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bekerjasama dengan Universitas Nahdatul Ulama (UNU) Yogyakarta menyusun buku kajian Pengarusutamaan Nilai-nilai Pancasila dalam perspektif hukum dan filsafat Islam.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pembinaan Pancasila (BPIP) Prof. KH. Yudian Wahyudi menyampaikan penghragaan dan harapan kepada pakar dan penulis agar dapat menghasilkan karya tulis yang dapat bermanfaat dalam pembinaan nilai-nilai Pancasila.

Baca Juga

Hal tersebut dikatakan saat dirinya memberikan sambutan pembukaan dalam kegiatan Penyusunan buku berupa kumpulan tulisan para pakar hukum dan filsafat Islam yang didahului kegiatan diskusi terpumpun yang dihadiri oleh Deputi Pengkajian Materi BPIP, Prof. Adji Samekto dan Rektor Universitas Nahdatul Ulama Prof. Purwo Santoso, Minggu 6 Desemenr 2020 di Yogyakarta.

BACA JUGA: BPIP dan Universitas Tanjungpura Gelar Seminar Advokasi Kelompok Rentan Human Trafficking

“Penghargaan kepada UNU Yogyakarta atas kerjasamanya dalam pelaksanaan kegiatan diskusi terpumpun ini, semoga para pakar yang berdiskusi dapat menghasilkan karya tulis yang bermanfaat dalam rangka Pembumian Pancasila dari perspektif hukum dan filsafat Islam,” harap Yudian.

Di acara yang sama, Rektor UNU Yogyakarta, Prof. Purwo Santoso menyampaikan bahwa sebagai rektor sangat bergembira UNU dilibatkan oleh BPIP dalam kerjasama penulisan buku, harapannya tidak hanya tertulis dalam sebuah karya tulis tetapi juga tertulis pada  perilaku yang Pancasilais.

“Sebuah penghargaan UNU bisa bekerjasama dengan BPIP dalam penyusunan karya tulis, kerjasama kali ini tidak hanya menulis buku tetapi juga menulis kelakuan keseharian yang Pancasilais,” menurut Purwo.

Tim penyusun karya tulis ilmiah terdiri dari  para pakar dan penulis yang berasal akademisi Universitas di Yogyakarta yang berjumlah 20 orang penulis dan ahli.

Sementara itu, Prof. Dr Aji Samekto selaku Plt. Deputi Hubungan Antar Lembaga Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan menyampaikan bahwa kegiatan diskusi terpumpun tersebut merupakan rangkaian kegiatan sosialisasi yang telah dilaksanakan 27 November lalu.

“Kegiatan ini adalah rangkaian sosialisasi nilai-nilai Pancasila yang dimulai dari tanggal 27 November di Pangandaran, yang nantinya akan berakhir di Jakarta tanggal 15 Desember bersama pemuda Katolik,” ujar Aji.

BACA JUGA: BPIP Kaji Buku Pendidikan Pancasila Untuk Siswa Sekolah Dasar

Penyusunan karya tulis yang nantinya akan dikompilasi dalam bentuk buku ini di awali dalam bentuk diskusi terpumpun akan berlangsung dari Tanggal 6 Desember sampai dengan 8 Desember 2020. Selanjutnya hasil karya tulis para pakar akan dikompilasi dalam sebuah buku.

Sebagaimana diketahui Direktorat Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP telah melakukan rangkaian kegiatan sosialisasi pembinaan nilai – nilai Pancasila yang telah dilaksanakan sejak tanggal 27 – 28 November di Pangandaran, 30 November bertempat di Wonosobo, 1 Desember dilaksanakan di UGM, 2 – 5 November bersama Fatayat NU dalam rangka Jihad Pangan di Yogyakarta.(sir/lna)

Post Terkait

banner 468x60