77 Persen Warga Kota Batu Terdaftar Kepesertaan BPJS Kesehatan

  • Whatsapp
BPJS Batu
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko dalam acara Pemberian Bahan Pangan Bergizi Tahun 2020 kepada Perusahaan Peserta BPJS Ketenagakerjaan di Pohon Inn Jawa Timur Park 2, Kota Batu, Selasa (15/9/2020). (istimewa)
banner 468x60

Wali Kota Batu Hadiri Kegiatan Pemberian Pangan Bergizi

NUSADAILY.COM – KOTA BATU – Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menghadiri kegiatan Pemberian Bahan Pangan Bergizi Tahun 2020 kepada Perusahaan Peserta BPJS Ketenagakerjaan di Pohon Inn Jawa Timur Park 2, Kota Batu, Selasa (15/9/2020).

Turut hadir dalam kegiatan ini Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur Dodo Suharto, Asisten Deputi Wilayah Bidang Pelayanan Jawa timur Cahyaning Indriasari, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Malang Imam Santoso, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Batu Heru Siswanto, Perwakilan Jatim Park Grup serta para penerima bantuan peserta BPJSTK.

"
"

Baca Juga

"
"

Walikota Batu mengatakan pemberian bahan pangan bergizi yang dipilih di Kota Batu ini adalah satu perusahaan yang sangat disiplin dan taat membayar BPJSTK.

“Mudah mudahan bisa menjadikan perusahaan yang lainnya itu mengikuti jejak JTP Grup agar melindungi karyawannya dengan baik,” harap Dewanti.

Dia menyebutkan 77 persen warga Kota Batu telah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Dari total 211.576 warga Kota Batu, 23 persen di antaranya belum terdaftar mengikuti program jaminan kesehatan nasional itu. Atau sekitar 57.500 warga Kota Batu yang belum terdaftar.

BACA JUGA: Haornas, Atlet dan Pelatih Kota Batu Dapat Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan

Saat acara Koordinasi Forum Kemitraan bersama BPJS Kesehatan Cabang Malang, Walikota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan, program itu untuk memberi kemudahan akses pelayanan masyarakat. Terutama kepada kelompok masyarakat pra sejahtera sehingga meringankan beban finansial.

Menurutnya, universal health coverage (UHC) telah diperbincangkan berkali-kali bersama Dinkes, Dinsos, DPRD dan BPJS Kesehatan. Dengan target, seluruh warga Kota Batu bisa terdaftar dalam program JKN-BPJS Kesehatan.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko dalam acara Pemberian Bahan Pangan Bergizi Tahun 2020 kepada Perusahaan Peserta BPJS Ketenagakerjaan di Pohon Inn Jawa Timur Park 2, Kota Batu, Selasa (15/9/2020). (istimewa)

“Semoga per 1 Oktober semua warga Kota Batu bisa di-cover BPJS Kesehatan,” ujar Dewanti.

Program UHC dari Pemerintah Pusat diyakininya untuk memberikan kualitas layanan kesehatan yang prima. Sehingga jika sewaktu-waktu mengalami sakit, masyarakat bisa mengakses langsung layanan kesehatan.

Dari data yang ada, 77 persen atau 169.924 warga Kota Batu yang sudah terdaftar. Sisanya akan didaftarkan melalui alokasi anggaran yang disedikan Rp 10 miliar. Angka itu menyusut senilai Rp 6 miliar setelah dikalkulasi oleh Dinkes Kota Batu.

Meringankan Beban Masyarakat

Sementara itu, Kepala BPJS Cabang Malang, Dina Diana Permata berharap kolaborasi dengan Pemkot Batu bisa dilakukan lebih luas lagi. Khususnya agar warga Kota Batu menjadi peserta JKN seluruhnya.

Dengan masyarakat terdaftar BPJS Kesehatan, artinya bisa meringankan beban masyarakat. Terutama biaya perawatan di rumah sakit karena telah tercover BPJS Kesehatan.

BACA JUGA: Pemkot Paparkan Wajah Baru Pasar Besar Kota Batu ke Pedagang

“Apalagi kasus-kasus penyakit katastropik meliputi jantung hingga cuci darah yang berbiaya besar. Kasus penyakit jantung sendiri yang mendominasi pemanfaatan layanan BPJS di wilayah Malang Raya. Kasusnya mencapai 60-70 persen dari seluruh diagnosa katastropik,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Kota Batu, Khamim Tohari memberi dukungan atas perlindungan jaminan kesehatan kepada seluruh warga Kota Batu. Pihaknya juga mendorong, agar kepala keluarga tak hanya dilindungi dengan program BPJS Kesehatan. Harus disertai pula dengan perlindungan jaminan ketenagakerjaan yang diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan.

“Karena kepala keluarga yang biasanya juga berperan sebagai tulang punggung juga perlu dicover oleh BPJS Ketenagakerjaan,” paparnya. (wok/adv/wan)

Post Terkait

banner 468x60