Adopsi 7700 Terumbu Karang di Pantai Pasir Putih, Wabup Situbondo: Semoga Bermanfaat untuk Masyarakat

Nyai Khoi mengungkapkan, dengan adanya adopsi terumbu karang ini secara otomatis bisa memperbaiki ekosistem bawa laut Pasir Putih. "Sehingga akan meningkatkan jumlah wisatawan dan ini bisa mendongkrak PAD (Pendapatan Asli Daerah) Situbondo," bebernya.

Adopsi 7700 Terumbu Karang di Pantai Pasir Putih, Wabup Situbondo: Semoga Bermanfaat untuk Masyarakat
Wabup Situbondo menyampaika sambutan dalam acara adopsi 7.700 terumbu karang di Pantai Pasir Putih. (Fathur Rozi/Nusadaily.com)

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Wakil Bupati Situbondo, Nyai Hj Khoirani, menghadiri acara adopsi 7.700 terumbu karang, Sabtu (12/11/2022). Acara tersebut berlangsung di Wisata Bahari Pasir Putih, Kecamatan Bungatan.

Dalam sambutannya, orang nomor dua di jajaran Pemerintah Kota Santri Pancasila ini optimis, ribuan terumbu karang tersebut bisa tumbuh dengan baik di Pantai Pasir Putih. "Sehingga dapat menjadi rumah bagi ikan-ikan yang ada di laut. Dengan begitu bisa bermanfaat untuk masyarakat," ucapnya.

Dengan begitu, kata perempuan yang akrab disapa Nyai Khoi ini, bisa meningkatkan kesejahteraan nelayan di pesisir Pantai Pasir Putih. "Bila ikan-ikan sudah banyak di kasawan Pantai Pasir Putih, maka para nelayan tidak perlu ke tengah laut untuk mencari ikan," tambahnya.

BACA JUGA: Jumat Keramat, Bupati Situbondo Mutasi Besar-besaran Pejabat Eselon II dan III

Lebih lanjut, perempuan asal Kecamatan Besuki ini berharap adopsi terumbu karang tidak hanya dilakukan di Pantai Pasir Putih saja, tetapi juga di pantai-pantai yang ada di Situbondo.

"Endingnya ini kan untuk kesejahteraan masyarakat, khususnya para nelayan. Sering-seringlah ada acara ini Pak Sekda (Adhy Karyono -red)," tegasnya.

Nyai Khoi mengungkapkan, dengan adanya adopsi terumbu karang ini secara otomatis bisa memperbaiki ekosistem bawa laut Pasir Putih. "Sehingga akan meningkatkan jumlah wisatawan dan ini bisa mendongkrak PAD (Pendapatan Asli Daerah) Situbondo," bebernya.

Sementara itu, Sekdaprov Jatim, Adhy Karyono, menjelaskan kegiatan tersebut dalam rangka memperingati ulang tahun IKA UNAIR ke-50 dan Hari Jadi Jawa Timur ke-77.

"Kami ingin menjaga biota laut yang ada di Pantai Pasir Putih ini. Sehingga bisa menghasilkan ikan yang berkualitas untuk masyarakat Situbondo," ujarnya.

Adopsi 7.700 terumbu karang ini, lanjut Sekdaprov, melibatkan sekitar 80 penyelam dari Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jatim.

"Hampir 60 persen pesisir laut Jawa Timur ini rusak. Oleh karena itu, perlu adanya gerakan semacam ini (adopsi terumbu karang). Bisa juga dengan penanaman mangrove," pungkas Adhy.

BACA JUGA: Resmikan Pembangunan SD Islam Al Hasyim, Bupati Situbondo:...

Informasi tambahan, selain mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian laut, Pemkab Situbondo senantiasa mengajak masyarakat untuk ikut memberantas peredaran rokok ilegal.

Sebab keberadaan rokok ilegal sangat merugikan negara. Karena tidak memberikan pemasukan dari sektor cukai. Sehingga berdampak terhadap penerimaan pemerintah daerah dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT).

Sementara itu, jumlah DBHCHT Pemkab Situbondo tahun 2022 sebesar Rp55.748.515.000. Dana tersebut dikelola oleh beberapa OPD. Di antaranya Dinsos, Diskoperindag, Disnaker, Dispertangan, Dishub, dan Dinas PUPP, Satpol PP, RSUD dr Abdoer Rahem, RSUD Besuki, serta RSUD Asembagus.

Dana jumbo tersebut digunakan untuk pembangian BLT, pelatihan kerja, pembagian pupuk urea gratis kepada petani, pemasangan PJU, pembangunan RTLH, progam Tolop (tutup lubang), pembangunan jamban keluarga, progam sehat gratis (Sehati), penurunan angka stunting, pengadaan alat kesehatan (Alkes), rehap gedung rumah sakit, sosialisasi tentang cukai dan operasi pasar rokok ilegal. (fat/adv/lna)