Ada Indikasi Capres NasDem Anies Baswedan Dipersulit Dapat Izin Tempat Safari Politik

"Tentu ini kan demokrasi ya, untuk kepentingan demokrasi, tentu pemerintah daerah perlu juga membantu untuk kelancaran program peningkatan kualitas demokrasi Indonesia," kata Johnny di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (1/12). Menteri Komunikasi dan Informatika itu berpendapat pemerintah daerah harus memfasilitasi siapa pun yang hendak berkunjung. Tak hanya Anies, tetapi berbagai tokoh yang menjalankan agenda demokrasi.

Ada Indikasi Capres NasDem Anies Baswedan Dipersulit Dapat Izin Tempat Safari Politik

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Sekjen Partai NasDem Johnny G. Plate menyinggung kualitas demokrasi setelah Anies Baswedan dihalang-halangi saat safari politik di beberapa daerah.

Johnny menilai safari politik Anies bagian dari demokrasi. Menurutnya, pemerintah daerah seharusnya menjamin kelancaran tokoh-tokoh yang hendak melakukan hal serupa.

"Tentu ini kan demokrasi ya, untuk kepentingan demokrasi, tentu pemerintah daerah perlu juga membantu untuk kelancaran program peningkatan kualitas demokrasi Indonesia," kata Johnny di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (1/12).

Menteri Komunikasi dan Informatika itu berpendapat pemerintah daerah harus memfasilitasi siapa pun yang hendak berkunjung. Tak hanya Anies, tetapi berbagai tokoh yang menjalankan agenda demokrasi.

Dia yakin masalah ini hanya persoalan komunikasi. Menurut Johnny, hal ini jangan sampai terulang lagi di masa mendatang.

"Itu soal-soal administratif, mudah-mudahan contoh-contoh itu menjadi acuan agar yang berikut-berikutnya bisa berjalan dengan lebih baik, positive thinking saja dulu," ujar Johnny.

Sebelumnya, Nasdem menyebut agenda safari politik Anies di sejumlah daerah terhambat. Mereka menyebut pemda mencabut izin penggunaan lokasi secara mendadak.

Hal itu disebut terjadi di Jawa Barat, Aceh, dan Riau. Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali mengatakan pemda tiba-tiba menggelar acara di lokasi acara Anies di Riau.

"Jadi ada pemda menyelenggarakan kegiatan di hari yang bersamaan, tempat yang sama," ucapnya saat dihubungi, Rabu (30/11).

Sejauh ini, NasDem juga telah mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden. Penjajakan koalisi dengan Demokrat dan PKS masih terus dilakukan.(han)