Acara Natal Tiberias Tetap Digelar di SUGBK

Ketua Humas dan Sekretaris Umum Gereja Tiberias Indonesia Gideon Simanjuntak mengklaim acara ini mendapat izin dari pihak kepolisian. 

Acara Natal Tiberias Tetap Digelar di SUGBK
Foto ilustrasi.

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Acara Natal Tiberias 2022 tetap digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Sabtu (3/12) malam.

Dilansir dari pantauan CNNIndonesia.com, tribun atas maupun bawah SUGBK dipenuhi jemaat yang mengikuti acara natal ini. Sementara sisi rumput tampak steril dari jemaat maupun bangunan panggung.

Ketua Humas dan Sekretaris Umum Gereja Tiberias Indonesia Gideon Simanjuntak mengklaim acara ini mendapat izin dari pihak kepolisian. Menurut izin tersebut, jumlah jemaat yang akan hadir mencapai 120 ribu orang.

"Setiap tahun selalu ratusan ribu ya, 150-200 ribu. Tapi tahun ini, mungkin karena tidak ada rumput, mungkin bisa 100 ribu atau berapa kita belum tahu," ujar Gideon kepada wartawan di GBK, Jakarta Pusat, Sabtu (3/12).

BACA JUGA : Pasar Natal Di Nuremberg Akhirnya Dimulai Setelah Terhenti...

"Berdasarkan izin yang keluar, itu 120 ribu kalau enggak salah," katanya.

Tak hanya itu, Gideon menjelaskan jemaat yang hadir dalam perayaan Natal ini bukan hanya dari DKI Jakarta, melainkan dari seluruh Indonesia.

Pihak panitia juga telah menyiapkan transportasi bagi jemaat yang berada di area Jabodetabek.

"Seluruh Jakarta dan juga Jabodetabek, juga dari Manado, Surabaya, Medan, dan berbagai macam cabang yang kita ada di Jakarta dan Indonesia," katanya.

Lebih lanjut, Gideon menyebut pihaknya menyediakan berbagai kebutuhan protokol kesehatan di seluruh area pintu masuk Stadion Utama GBK.

Sementara untuk keamanan, pihak internal gereja bekerja sama dengan tim TNI dan Polri.

BACA JUGA : Gelar Silahturahmi Dengan Pengurus BAMAG Situbondo, Ketua...

"Kebutuhan protokol kesehatan seperti scan barcode PeduliLindungi, tempat cuci tangan, cek suhu badan, dan hand sanitizer juga disiapkan di seluruh area pintu masuk Stadion Utama. Tim TNI dan Polri bekerja sama dengan tim keamanan internal gereja untuk menjaga keamanan," jelas Gideon.

Di sisi lain, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin menyebut kebijakan pengamanan telah disiapkan di lokasi. Hampir 1.000 personel akan diturunkan untuk mengamankan ibadah Natal di GBK malam ini.

"Sementara kita turunkan 7 SSK atau hampir 1.000 personel," kata Komarudin kepada wartawan.

Kebijakan rekayasa lalu lintas, kata dia, juga telah disiapkan. Kendati demikian, langkah itu diambil secara situasional melihat kondisi di lapangan.

"Sementara kebijakan lalin normal karena di lingkungan GBK tidak ada kegiatan lain hari ini, artinya kapasitas kantong parkir di GBK mencukupi. Tapi tetap karena ini akhir pekan kita sudah siapkan langkah satu, dua tiga, untuk antisipasi," jelas dia.

Di lokasi, pihak kepolisian mengklaim area parkir yang tersedia di GBK telah penuh.

"Rencana diperkirakan pengunjung yang Natal itu 30 ribu, untuk sementara kita prediksi ternyata lebih dari 30 ribu. Untuk kantong parkir baik di parkir timur atau tempat lain sudah penuh," ujar Kanit lantas tanah abang Ipda Iwan Sudrajat.(lal)