8 Rekomendasi Jus yang Dapat Bantu Turunkan Tingkat Kolesterol

Sepuluh jus penurun kolesterol paling cepat menarik diulas. Saat kadar kolesterol tidak sehat, itu bisameningkatkan risiko kondisi kesehatan yang serius, seperti stroke atau serangan jantung.

8 Rekomendasi Jus yang Dapat Bantu Turunkan Tingkat Kolesterol
Ilustrasi Jus Bisa Turunkan Kolesterol (Foto: Shutterstock)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Sepuluh jus penurun kolesterol paling cepat menarik diulas. Saat kadar kolesterol tidak sehat, itu bisameningkatkan risiko kondisi kesehatan yang serius, seperti stroke atau serangan jantung.

Nah untuk itu ada beberapa jus penurun kolesterol paling cepat dikonsumi. Berikut ulasannya dikutip Medialnewstoday:

1. Jus tomat

Tomat kaya akan senyawa yang disebut lycopene, yang dapat meningkatkan kadar lipid dan mengurangi kolesterol jahat.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa mengolah tomat menjadi jus meningkatkan kandungan likopennya.Jus tomat juga kaya serat penurun kolesterol dan niacin.

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa 25 wanita yang minum 280 ml jus tomat setiap hari selama 2 bulan mengalami penurunan kadar kolesterol darah.

2. Jus Beri

Banyak buah beri yang kaya akan antioksidan dan serat, keduanya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Secara khusus, antosianin, agen antioksidan kuat dalam buah beri, dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol.

3. Jus Kedelai

Kedelai rendah lemak jenuh. Mengganti krim atau produk susu tinggi lemak dengan susu kedelai atau krimer dapat membantu mengurangi atau mengelola kadar kolesterol.

Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan konsumsi 25 gram (g) per hari protein kedelai sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh dan kolesterol untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, lebih baik mengonsumsi kedelai dalam bentuk utuh dan olahan minimal dengan sedikit atau tanpa tambahan gula, garam, dan lemak.

4. Jus Jeruk

Jus jeruk mengandung sejumlah besar flavonoid, terutama hesperidin. Senyawa flavonoid dapat membantu menurunkan kadar serum kolesterol jahat.

Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dipublikasikan di National Library of Medicine pada 2013 bahwa konsumen jus jeruk jangka panjang memiliki kadar kolesterol total, kolesterol jahat, rasio apo B dan LDL atau HDL yang lebih rendah dan peningkatan folat dan vitamin C dalam makanan mereka.

5. Jus Jambu Merah

Mengkonsumsi jus jambu merah secara rutin selama kurang lebih 3 bulan ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu juga dapat menurunkan lemak jahat hingga 50%. Banyak sekali kandungan vitamin yang terdapat pada jambu merah seperti vitamin C, vitamin E dan selenium.

6. Jus Wortel

Minuman ini banyak mengandung banyak serat larut. Maksud dari serat larut adalah bersifat mengikat kolesterol jahat dan mengeluarkannya dari tubuh. Serta memiliki kandungan kalsium vitamin C.

Peran Vitamin C adalah metabolisme kolesterol sehingga tubuh bisa dengan mudah menyingkirkannya. Jus Wortel juga mengandung antioksidan kuat bernama betakaroten yang bersifat mengurangi oksidasi LDL.

7. Jus Lemon

Minuman menyegarkan yang satu ini tak hanya bagus menurunkan berat badan, tapi juga mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

 Air lemon tinggi kandungan antioksidan dan pektin, yaitu serat larut yang menyehatkan jantung.

Sebuah penelitian juga menunjukkan manfaat konsumsi kulit lemon. Terdapat kandungan d-limonene yang terbukti mampu menurunkan kadar trigliserida.

8. Jus Kale

Jus ini tidak hanya cocok dijadikan hidangan pelengkap nasi, tetapi juga bisa diolah menjadi jus penurun kolesterol paling cepat.

Kale mengandung antioksidan karotenoid yang berfungsi menghilangkan radikal bebas penyebab pengerasan pembuluh darah. Konsumsi jus kale secara rutin dapat membantu asam empedu mengikat kolesterol berlebih dan membuangnya dari tubuh.

(roi)