6 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Jakarta!

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Jakarta ingin menarik banyak wisatawan datang ke Jakarta dengan mempromosikan wisata urban kekinian. Menjelang akhir tahun, sudah berapakah wisatawan yang datang ke Jakarta?

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Jakarta ingin menarik banyak wisatawan datang ke Jakarta dengan mempromosikan wisata urban kekinian. Menjelang akhir tahun, sudah berapakah wisatawan yang datang ke Jakarta?

Adapun target kunjungan wisatawan ke Jakarta oleh Disparekraf Jakarta di tahun 2022 sebanyak 6 juta kunjungan. Dan laporannya dalam triwulan ketiga tahun 2022 jumlah wisatawan yang datang ke Jakarta sudah mencapai 2.960.184 orang, melebihi target 1.916.329 orang.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Wisata Horor di Dunia, Cocok Untuk Uji Adrenalin


"Data terakhir kita, untuk periode triwulan ketiga jumlah wisatawan yang datang 2.960.184 orang. Angka ini akumulasi penghitungan jumlah kunjungan wisatawan nusantara yang datang ke Jakarta baik melakukan wisata maupun bisnis, diukur di 20 destinasi wisata Jakarta," kata Sub Koordinator Urusan Pemasaran Pariwisata Dalam Negeri, Disparekraf DKI Jakarta Triatin Permanik, Minggu (23/10/22022).

Dari data yang dibagikan, adapun favorit wisatawan adalah Ancol, dimana jumlah kunjungan dari Januari-Agustus telah menyambut 4 juta lebih wisatawan. Mengutip detikTravel, berikut 6 destinasi yang ramai dikunjungi wisatawan di periode Januari-Agustus.

1. Taman Impian Ancol (4.065.375)
2. Monumen Nasional (2.220.969)
3. Museum Nasional (1.260.754)
4. Kota Tua (711.724)
5. Taman Mini Indonesia Indah (402.200)
6. Kepulauan Seribu (228.607)

Untuk meningkatkan jumlah kunjungan, Disparekraf Jakarta mengadakan travel fair di 3 kota besar yaitu Medan, Makassar dan Balikpapan. Salah satu paket wisata yang dikenalkan adalah walking tour dengan beberapa pilihan rute.

BACA JUGA: Dua Wisatawan Bromo Meninggal Dunia Usai Jip yang Ditumpangi Terperosok di Bukit Cinta


Di paket wisata lain terdapat kunjungan ke JIS dan juga sirkuit Formula E. Memang saat ini kita belum bisa masuk ke stadion dan sirkuit untuk wisata.

"Saat ini belum bisa masuk sebebasnya untuk tujuan wisata ke sirkuit dan stadion JIS dan kita sedang mempersiapkan paket khusus untuk itu. Target kita tahun depan tercipta paket seperti masuk JIS, masuk sirkuit secara profesional dan tentu saja berbayar. Sedang disiapkan," kata Triatin.(eky)