5 Daftar Negara Eropa Dengan Presentase Utang Tertingi

Lima negara Eropa dengan utang terbanyak menarik diulas. Rata-rata, negara-negara Uni Eropa memiliki utang pemerintah bruto sekitar 88%dari PDB pada tahun 2021.

5 Daftar Negara Eropa Dengan Presentase Utang Tertingi
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

NUSADAILY.COM - JAKARTA- Lima negara Eropa dengan utang terbanyak menarik diulas. Rata-rata, negara-negara Uni Eropa memiliki utang pemerintah bruto sekitar 88%dari PDB pada tahun 2021.

Utang di negara Eropa meningkat lantaran Pandemi Covid-19 menghantam mereka. Hal ini membuat pemerintah setempat mengambil kebijakan utang. Rinciannya, akhir kuartal pertama tahun 2022 membuat utang menyumbang 82,9% dari kawasan Eropa.

BACA JUGA : Bahas Ketahanan Ekonomi, Exim Bank se-Asia Kumpul di Malaysia

Hal ini berdasarkan utang pemerintah umum. Pinjaman terdiri dari 14,0% dan 14,5% masing-masing dan mata uang negara Eropa.

Berikut lima negara Eropa dengan utang terbanyak dirangkum dari berbagai Sumber:

1. Yunani

Utang Yunani yang tinggi sudah terkenal, tetapi sejumlah negara lain juga menumpuk utang yang lebih tinggi dari PDB mereka sendiri.Dia merupakan salah satu negara dengan utang terbanyak sebesar 181,78% dari PDB. Utang nasional Yunani sebesar 332,6 miliar euro atau USD 379 miliar. Lalu Yunani memiliki utang pemerintah 193% tahun lalu,

2. Italia

Italia adalah negara dengan utang terbanyak kedua di Uni Eropa dengan rasio 132% dari PDB. Utang dari pemerintah pusat sebesar 2,17 triliun euro atau USD 2,48 triliun.

3. Irlandia

Irlandia diperkirakan memiliki utang pemerintah per kepala populasi tertinggi di Eropa tahun ini, karena dampak dari pinjaman terkait Covid-19 mendorong beban setiap individu di Negara Bagian hingga hampir 4.000 Euro pada tahun 2021.

Artinya, per kapita, Irlandia akan memikul beban utang hampir 20.000 euro lebih dari rata-rata negara eropa lainnya.

BACA JUGA : Bank Indonesia Naikkan Bunga KPR?, Berikut Penjelasannya

4. Portugal

Negara kelahiran Cristiano Ronaldo ini memiliki utang nasional sebesar 232 miliar euro atau USD264 miliar. Ekonomi di Portugal harus ditebus oleh Uni Eropa (UE) selama krisis keuangan 2008-2009, tetapi negara ini telah mengalami peningkatan di tahun-tahun sejak itu.

5. Spanyol

Spanyol memiliki utang negara 1,09 triliun euro atau USD 1,24 triliun. Kepadatan penduduk negara ini lebih rendah daripada sebagian besar Negara Eropa Barat lainnya.

(roi)