4 Tips Untuk Kuatkan Kesehatan Mental

Menurut Promkes Kemkes, kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika batik berada dalam keadaan tenteram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari.

4 Tips Untuk Kuatkan Kesehatan Mental
Illustrasi (foto: Freepick)

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Menurut Promkes Kemkes, kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika batik berada dalam keadaan tenteram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari.

Seseorang yang bermental sehat dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal dalam menghadapi tantangan hidup, serta menjalin hubungan positif dengan orang lain.

BACA JUGA : 5 Tips Untuk Tambah Tinggi Badan, Yuk Simak!

Sebaliknya, orang yang kesehatan mentalnya terganggu akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, serta kendali emosi yang pada akhirnya bisa mengarah pada perilaku buruk.

Penyakit mental dapat menyebabkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya dapat merusak interaksi atau hubungan dengan orang lain, namun juga dapat menurunkan prestasi di sekolah dan produktivitas kerja. oleh sebab itu, sudah saatnya kita menjalankan

Berikut cara sederhana menjaga kesehatan mental

1. Mengungkapkan Perasaaan

Terkadang, mengungkapkan apa yang sedang kita rasakan kepada orang terdekat bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, itu akan membantu untuk melegakan perasaaan kita. Mengungkapkan isi hati juga bukanlah suatu kelemahan. Karena manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain.

2. Menerima diri sendiri

Setiap orang itu memiliki karakter dan keunikannya masing-masing.

Menerima semua keuikan, kelebihan, dan kekurangan diri akan membuat kita menjadi lebih bersyukur dan bahagia.

Selain itu, merasa nyaman dengan diri sendiri juga akan membuat kita lebih percaya diri. Sehingga kesehatan mental kita dapat terjaga.

3. Istirahat yang cukup

Kekurangan tidur dapat menyebabkan berbagai macam masalah. Mulai dari masalah pada kesehatan fisik maupun mental.

Sebab, kurang tidur bisa menambah risiko seseorang untuk merasa stres dan kelelahan secara emosional. Maka dari itu, tidur dengan porsi yang cukup dapat menjaga kesehatan mental kita.

BACA JUGA : Beberapa Tips dari Ahli Kesehatan Tetap Sehat Meski Begadang Nonton Piala Dunia 2022

4. Melakukan sesuatu yang disukai

 Biasanya, setiap orang memiliki hobi atau kegemarannya masing-masing.

Cobalah tanya pada diri sendiri, apa sesuatu yang kamu sukai? Melakukan sesuatu yang disukai dapat membuat kita lebih bergairah dalam menjalani hidup.

Hal tersebut pada akhirnya akan membantu kita untuk menjaga kesehatan mental.

(roi)