4 Penyakit yang Sering Mengintai Saat Musim Hujan Datang

Akhir tahun seperti sekarang adalah wkatunya musim hujan. Musim yang bisa dibilang jadi tantangan untuk menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya, berbagai penyakit biasanya mengintai kita ketika musim ini datang. Mulai dari yang ringan sampai terberat.

4 Penyakit yang Sering Mengintai Saat Musim Hujan Datang
penyakit yang biasa mengintai di musim hujan, (Foto: Freepik)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Akhir tahun seperti sekarang adalah wkatunya musim hujan. Musim yang bisa dibilang jadi tantangan untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Pasalnya, berbagai penyakit biasanya mengintai kita ketika musim ini datang. Mulai dari yang ringan sampai terberat.

Selain flu terdapat juga penyakit lainnya yang mengancam saat musim hujan tiba. Sehingga Anda harus lebih waspada, dan sedini mungkin mempersiapkan obat-obatan dan meningkatkan imunitas tubuh, agar mencegah terserang virus yang mengakibatkan jatuh sakit.

Selain influenza, apa lagi sih penyakit yang waspadai dan antisipasi saat musim hujan tiba? berikut paparan singkatnya di bawah ini.

1. Diare

Kondisi kesehatan yang menyerang bagian usus, disebabkan karena konsumsi makanan dan air yang tidak higienis. D

iare adalah penyakit yang sangat bisa dicegah serta diobati, jika seseorang berhati-hati. Secara jenis, ada dua macam diare, akut dan kronis yang keduanya bisa diatasi.

Minum air matang dan makan makanan rumahan adalah cara terbaik untuk mencegah penyakit ini. Bagi yang tak kuat dengan makanan pedas, hindari juga konsumsi berlebihan ya!

2. Demam berdarah

DBD bisa dibilang adalah penyakit langganan di musim hujan. Sebab, banyak genangan air makin banyak pula jentik nyamuk penyebab DBD yang bisa berkembang biak.

Gejala DBD sendiri mulai dari demam tinggi, jumlah trombosit rendah, ruam, hingga hipersensitivitas.

Makanya jangan lupa menyediakan obat anti nyamuk, pakaian hangat yang tebal, khususnya kebersihan lingkungan di sekitar rumah.

3. Chikungunya

Chikungunya sebagian besar disebabkan oleh nyamuk yang berasal dari genangan air yang ditemukan di AC, pendingin, tanaman, peralatan, hingga pipa air.

Waspada, nyamuk ini bisa menggigit tidak hanya di malam hari, tapi juga di siang hari bolong. Nyeri sendi dan demam adalah dua gejala chikungunya yang paling umum.

Sebagai langkah pencegahan, jangan lupa untuk selalu membersihkan permukaan atau wadah dengan air yang tergenang dan menggunakan obat nyamuk adalah cara terbaik untuk mencegah chikungunya.

4. Malaria

Satu lagi penyakit yang disebabkan oleh nyamuk, disebabkan oleh nyamuk anopheles betina yang berkembang biak di daerah yang tergenang air.

Oleh karena itu, malaria adalah penyakit yang paling umum terjadi selama musim hujan. Demam, menggigil, nyeri otot, dan lemahnya tubuh merupakan gejala malaria yang paling sering terjadi.

Maka dari itu cara untuk mencegah malaria, yakni salah satunya dengan sering membersihkan tangki air di rumah dan menjaga kebersihan lingkungan.

(roi)