4 Cara Hilangkan Burnout yang Berkepanjangan

Burnout ialah bentuk kelelahan yang disebabkan oleh perasaan kewalahan terus-menerus. Hal tersebut dikarenakan tekanan emosional, fisik, dan mental yang berlebihan dan berkepanjangan. Dalam banyak kasus, kelelahan biasanya berkaitan dengan pekerjaan seseorang.

4 Cara Hilangkan Burnout yang Berkepanjangan
Cara atasi burnout karena aktivitas yang berkepanjangan. (foto: Istimewa)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Burnout ialah bentuk kelelahan yang disebabkan oleh perasaan kewalahan terus-menerus. Hal tersebut dikarenakan tekanan emosional, fisik, dan mental yang berlebihan dan berkepanjangan. Dalam banyak kasus, kelelahan biasanya berkaitan dengan pekerjaan seseorang.

Kelelahan terjadi ketika seseorang merasa kewalahan, terkuras secara emosional, dan tidak mampu memenuhi tuntutan hidup yang tiada henti.

Nah, agar bisa kembali produktif dan menyelesaikan pekerjaan yang ada, penting untuk kita mengatasi kondisi seperti ini. Mengutip dari laman Instagram Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), ada 4 cara untuk mengatasi burnout yang dapat Sobat Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekfraf) coba.

1. Istirahat yang Cukup

Cara pertama yang bisa bantu mengurangi rasa burn out adalah istirahat yang cukup. Dapatkan tidur yang nyenyak dan cukup, terutama di saat malam hari. Isi waktumu dengan melakukan hobi, selain itu melupakan pekerjaan sejenak dengan bertemu teman atau keluarga yang disayang bisa mengatasi perasaan kewalahan tersebut.

Namun, jika hal tersebut masih dirasa kurang, cobalah untuk mengambil cuti dan pergi berlibur ke tempat yang kamu ingin kunjungi seperti alam akan sangat berpengaruh untuk mengelola stress.

2. Buat Daftar Prioritas

Buatlah daftar prioritas dari pekerjaan yang harus dilakukan terlebih dahulu. Sehingga, waktu yang digunakan akan lebih efektif dan energi tidak habis terlalu banyak. Dengan demikian kamu juga bisa menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu, dan punya waktu untuk istirahat, meskipun tak lama.

3. Bicarakan dengan Orang Terpercaya

Cobalah untuk menceritakan hal-hal apa saja yang mungkin mengganggu pikiranmu. Dengan menceritakan hal tersebut pada teman terdekat, kemungkinan kamu merasa lebih lega karena melepaskan energi negatif di dalam tubuh. Atau jika perlu, membicarakannya dengan rekan kerja agar dapat saling mencari solusi.

4. Mengapresiasi Diri Sendiri

Hargai dan apresiasi hal-hal kecil yang dirimu telah lakukan. Kamu bisa memulai dengan mengatur pola pikirmu, dengan menurunkan ekspektasi, dan berpikir lebih realistis. Lalu yang terpenting, apresiasi dirimu pada setiap pencapaian yang kamu raih!

(roi)