31 Ton Sampah Berserakan di Lokasi Usai Acara Relawan Jokowi di GBK

Acara Nusantara Bersatu yang digelar Relawan Jokowi menyisakan sampah berserakan yang mengotori Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (26/11).

31 Ton Sampah Berserakan di Lokasi Usai Acara Relawan Jokowi di GBK
Acara Nusantara Bersatu yang digelar Relawan Jokowi menyisakan sampah berserakan yang mengotori Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (26/11). Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Acara Nusantara Bersatu yang digelar Relawan Jokowi menyisakan sampah berserakan yang mengotori Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (26/11).

Penampakan lautan sampah di GBK tersebut menjadi sorotan publik dan berujung viral di media sosial.

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengerahkan 500 personel pasukan oranye untuk membersihkan dan mengangkut sampah dan berhasil mengumpulkan total 31 ton beragam jenis sampah usai acara tersebut.

"Semua terlibat dalam membereskan sampah ini, baik dari kasudin, kasatpel, hingga petugas jasa layanan perorangan semua terlibat," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto di Jakarta, dikutip Antara.

BACA JUGA : Ramai Sejumlah Pihak Respons Pernyataan Jokowi soal Pemimpin...

 Total 31 ton sampah yang dikumpulkan oleh pasukan oranye ada lokasi itu di antaranya sampah plastik dari botol kemasan air minum. 

Selain personel, pihaknya juga mengerahkan puluhan kendaraan yang terdiri dari mobil lintas (pick up), mobil sapu jalanan serta truk sampah anorganik. DLH DKI Jakarta mengerahkan 28 unit mobil lintas, 14 unit mobil sabu jalanan serta 10 unit truk.

Asep mengatakan pihaknya terus memantau setiap kegiatan yang bersifat massal di DKI Jakarta. Pasukan oranye dari DLH DKI Jakarta siaga di berbagai titik untuk bergerak cepat setelah kegiatan.

"Pasukan kita selalu 'standby', tiap titik ada yang berjaga dan akan siap bergerak begitu kegiatan apapun selesai," katanya.

BACA JUGA : Ganjar Unggah Foto dengan Rambut Hitam Usai Riuh Pernyataan...

Silaturahmi nasional dengan tema "Nusantara Bersatu" digelar oleh gabungan Relawan Jokowi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Rombongan warga dari berbagai latar belakang dan daerah memadati area GBK, mulai dari kelompok ibu-ibu, anak muda hingga para santri.

Dalam acara tersebut Presiden Jokowi memaparkan sejumlah pencapaiannya selama memerintah, terutama di bidang infrastruktur.

Jokowi pada kesempatan itu juga menjabarkan sejumlah catatan yang dia anggap penting untuk dicermati oleh relawan terkait sosok dan kriteria calon presiden 2024.(lal)