18.000 Sapi Tewas dalam Ledakan di Peternakan Sapi Perah Texas

Pada tanggal 10 April waktu setempat, sebuah ledakan terjadi di sebuah peternakan sapi perah di Texas, AS, melukai satu orang dan membunuh sekitar 18.000 ekor sapi, terhitung sekitar 90% dari total ternak peternakan tersebut.

Apr 14, 2023 - 21:37
18.000 Sapi Tewas dalam Ledakan di Peternakan Sapi Perah Texas
Asap mengepul dari peternakan

NUSADAILY.COM – SHANGDONG - Pada tanggal 10 April waktu setempat, sebuah ledakan terjadi di sebuah peternakan sapi perah di Texas, AS, melukai satu orang dan membunuh sekitar 18.000 ekor sapi, terhitung sekitar 90% dari total ternak peternakan tersebut. Sebuah kelompok hak asasi hewan yang berbasis di Washington mengatakan itu adalah "kematian ternak" tunggal terbesar yang telah dicatat sejak mulai melacak kebakaran peternakan pada tahun 2013.

Ellie Granger, asisten kebijakan organisasi tersebut, mengatakan bahwa insiden kematian sapi terbesar sebelumnya adalah kebakaran di peternakan sapi perah di bagian utara New York pada tahun 2020, ketika sekitar 400 sapi mati. "Insiden ini adalah yang paling mematikan yang kami tahu melibatkan kematian ternak," tambahnya. Pejabat lokal juga terkejut dengan skala kematian ternak."Ini tidak bisa dipercaya. Ini adalah tragedi yang belum pernah terlihat sebelumnya."

BACA JUGA : Seekor Ular Piton Sepanjang 3 Meter Dievakuasi Damkar Saat...

Diberitakan bahwa saat kejadian, api dengan cepat menjalar ke pagar, dan puluhan ribu sapi yang dikurung bersama menunggu untuk diperah, terjebak di dalam pagar. Gambar menunjukkan asap tebal mengepul dari tempat kejadian. Pejabat lokal Mandy mengatakan bahwa ledakan tersebut mungkin disebabkan oleh kerusakan peralatan di peternakan sapi perah. Dia menambahkan bahwa petugas pemadam kebakaran Texas sedang menyelidiki penyebab kecelakaan itu.

Menurut Texas Dairy Association, Texas menempati urutan keempat di Amerika Serikat dalam hal produksi susu. Texas memiliki 319 peternakan sapi perah Kelas A dengan sekitar 625.000 sapi. Menurut laporan, peternakan sapi perah tempat insiden itu terjadi baru beroperasi sekitar tiga tahun dan memiliki sekitar 50 hingga 60 karyawan. Mandy mengatakan setiap sapi bernilai sekitar $2.000, dan peternakan sapi perah bisa kehilangan puluhan juta dolar, belum termasuk hilangnya peralatan dan tanah.

Menurut laporan, pemerintah daerah sekarang perlu menangani bangkai 18.000 sapi yang hangus, yang akan menjadi tugas yang sangat rumit. Menurut persyaratan Komisi Kualitas Lingkungan Texas tentang penguburan bangkai hewan, bangkai hewan harus dikubur setidaknya 50 kaki (sekitar 15,24 meter) dari permukaan tanah, dan koordinat titik penguburan harus dicatat. (Mdr1)