14 Orang Tewas Saat Hadiri Pemakaman Karena Longsor

Bencana tanah longsor menewaskan sedikitnya 14 orang yang menghadiri pemakaman di Kamerun, Minggu (27/11/2022). Awalnya, beberapa orang menghadiri prosesi pemakaman di bawah tanggul tanah setinggi 20 meter di Yaounde ketika hujan lebat terjadi.

14 Orang Tewas Saat Hadiri Pemakaman Karena Longsor
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Bencana tanah longsor menewaskan sedikitnya 14 orang yang menghadiri pemakaman di Kamerun, Minggu (27/11/2022). Awalnya, beberapa orang menghadiri prosesi pemakaman di bawah tanggul tanah setinggi 20 meter di Yaounde ketika hujan lebat terjadi.

BACA JUGA : Satu Orang Tewas dan Beberapa Hilang Akibat Longsor di Pulau Ischia Italia

Saksi mata mengatakan, hujan lebat tersebut memicu tanggul tanah longsor dan menimbun mereka yang menghadiri proses pemakaman itu. 

Bea mengatakan pencarian korban selamat sedang berlangsung, tetapi sedikitnya 14 orang tewas.

“Jenazah kami bawa ke kamar jenazah RS Pusat, sementara pencarian orang lain atau jenazah masih terus dilakukan,” ujar Bea, sebagaimana dilansir Sky News.

Yaounde merupakan kota yang kerap diguyur hujan dengan deretan puluhan bukit terjal dan curam. Tahun ini, hujan lebat yang mengguyur Kamerun telah memicu beberapa banjir dahsyat di seluruh negeri.

infrastruktur dan membuat ribuan orang mengungsi. Bulan lalu, negara tetangga Kamerun, Nigeria, mengalami banjir terburuk dalam satu dekade, sebagaimana dilansir New York Times.

BACA JUGA : Hujan Lebat Sebabkan Longsor di Italia, 1 Orang Tewas 10 Hilang

Banjir bandang di Nigeria menewaskan ratusan dan menenggelamkan setidaknya 200.000 rumah. Para ilmuwan mengemukakakn, hujan deras yang menyebabkan bencana di Nigeria dan negara-negara tetangganya pada Oktober terjadi sekitar 80 kali lebih mungkin karena perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia. 

(roi)