120.000 Orang LGBTQ Rayakan “Pride Parade” di Taiwan

Pada hari Sabtu, kaum gay, queer dan trans di Taiwan dengan bangga merayakan parade massal.

120.000 Orang LGBTQ Rayakan “Pride Parade” di Taiwan
LGBTQ Pride Parade

NUSADAILY.COM – TAIPEI - Sekitar 20 tahun yang lalu, banyak kaum LGBTQ yang kebanyakan menyembunyikan wajah mereka di balik topeng karena takut. Pada hari Sabtu, kaum gay, queer dan trans di Taiwan dengan bangga merayakan parade massal.

Melansir Spiegel.de, untuk ke-20 kalinya, orang-orang yang merasa menjadi bagian dari komunitas LGBTQ berkumpul untuk parade di Taiwan. Sekitar 120.000 orang merayakannya di jalan-jalan Taipei.

Baca juga: Usai Beli Twitter, Elon Musk Akan Jadi CEO Baru

Pada tahun 2003, "Pride Parade" di pulau itu dimulai dengan hanya 700 peserta di sebuah taman. Sebagian besar dari mereka masih menutupi wajah mereka dengan topeng karena tidak ingin dikenali. Mereka takut akan stigmatisasi.

Banyak yang telah berubah sejak saat itu. Taiwan diakui sebagai salah satu tempat paling ramah LQBTQ di Asia. Pernikahan sesama jenis telah diakui di Taiwan sejak 2019. Namun, pernikahan sesama jenis hanya diakui oleh masyarakat setempat, bukan oleh orang di luar Taiwan.

Pada parade hari Sabtu, para peserta mengibarkan bendera besar dalam warna pelangi dan berjalan dengan menerjang hujan.

Baca juga: Perdana Jalankan Ibadah Umrah, Shakilla Kaif: Haru, Banyak Minta Ampun

Seorang siswa menggambarkan bagaimana dia mengalami suasana hati terhadap orang-orang gay dan trans Taiwan di sekolah.

"Kami tidak didiskriminasi," ujar Chen yang berusia 18 tahun. “Semua orang tahu. Kami tidak perlu terlalu khawatir. Kita bisa menjadi diri kita sendiri.”  (jrm3)